MENKES: JAMAAH DAN PETUGAS HAJI HARUS WASPADAI MERS

Foto: Kemenag
Foto:

Jakarta, 5 Dzul qa’dah 1436/20 Agustus 2015 (MINA) – Nila Moeloek meminta jamaah dan petugas haji asal Indonesia mewaspadai Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS).

“Jangan sampai kita mengalami kejadian seperti di Korea Selatan,” kata Nila saat melepas Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daker Makkah, di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Rabu (19/8), demikian siaran pers resmi Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Nila mengatakan, tidak sedikit jamaah haji Indonesia yang masuk kategori berusia lanjut (lansia) dan berisiko tinggi (risti). Kondisi tersebut membuat jamaah rentan ‎tertular MERS. Apalagi, MERS menyebabkan kematian pada orang yang berusia tua.

Tidak hanya jamaah, Menkes juga mengingatkan bahwa petugas kesehatan sebagai orang yang berisiko tertular MERS. Sebab penyebaran virus sangat dipengaruhi oleh kondisi tubuh sehingga  para petugas kesehatan harus tetap menjaga saya tahan tibuh mereka saat melayani jamaah.

“Kontaminasinya terjadi di dalam rumah sakit, petugas kesehatan harus menjaga diri,” ujar Nila.

Sebagai upaya pencegahan, Kemenkes telah melakukan sejumlah upaya agar jamaah haji  Indonesia tercegah penularan virus ini.

“‎Kita sudah mensosialisasikan agar jamaah haji memakai masker ketika ada yang batuk dan berada dalam kerumunan. Ketika kita lagi batuk pun daya tahan menurun sehingga perlu pakai masker.  Jangan ke rumah sakit, jika itu  tidak diperlukan,” kata Nila.

Selain itu, jamaah diminta untuk biasa menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), antara lain: sering melakukan pembersihan, mencuci tangan, beristirahat cukup, dan menjaga fisik dengan cara tidak sering melakukan umrah sebelum puncak di .

“Jaga kebersihan, pakai masker, jaga fisik dan jangan ngoyo. Umrah itu tidak perlu berkali-kali. Arbain itu sunnah dan tidak mengurangi kemabruran haji jika tidak dilakukan,” ujarnya.

“Sebelum ke Arafah, sebaiknya tidak melakukan umrah agar bisa istirahat. Ini saya titip ke petugas kesehatan (untuk disosialisasikan ke jamaah),” katanya. (T/P010/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0