Menlu Israel: Perdagangan dengan Negara Penandatangan Kesepakatan Abraham Capai USD2,8 Miliar

Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen berbicara selama konferensi pers di Yerusalem pada 02 Januari 2023 [Foto: Anadolu Agency]

Yerusalem, MINA – Menteri Luar Negeri baru Israel Eli Cohen hari Senin (2/1) mengatakan, volume perdagangan dengan negara-negara Arab yang menormalisasi hubungan di bawah yang dinegosiasikan AS pada tahun 2020, mencapai 10 miliar shekel ($ 2,8 miliar) pada tahun 2022.

Cohen mengatakan kesepakatan Abraham telah secara dramatis mengubah wajah Timur Tengah, Middle East Monitor melaporkan.

Dia menambahkan, KTT akan diadakan pada bulan Maret dengan negara-negara Arab, sebelumnya direktur jenderal kementerian luar negeri negara-negara yang berpartisipasi dijadwalkan akan bertemu di Abu Dhabi pekan depan.

“Mengingat kontribusi besar dari Kesepakatan Abraham kepada negara-negara yang berpartisipasi, memperluas perjanjian ke negara-negara lainya bukanlah masalah, hanya saja kapan,” ujarnya.

Perdana Menteri Israel akan berangkat ke UEA dalam beberapa hari sebagai kepala delegasi pemerintah, pada kunjungan luar negeri pertamanya sejak menjabat Kamis lalu.

Channel 14 Israel melaporkan, Netanyahu akan mengunjungi UEA untuk membahas penguatan hubungan bilateral dan masalah Iran.

Saluran tersebut menambahkan, Netanyahu akan didampingi oleh istrinya, Sarah serta kepala baru Dewan Keamanan Nasional, Tzachi Hanegbi, dan menteri lainnya.

Pada September 2020, di bawah naungan Presiden AS , Israel menandatangani perjanjian normalisasi yang dijuluki “Kesepakatan Abraham” dengan UEA, Bahrain, Maroko, dan Sudan. (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.