Menlu Retno: Indonesia-Mesir Sepakat Terus Dukung Upaya Kemerdekaan Palestina

Foto: Kemlu RI

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan, Indonesia dan Mesir sepakat untuk terus mendukung upaya kemerdekaan Palestina meski hingga kini masih menghadapi berbagai tantangan global.

“Kami berbagi keprihatinan bersama. Bahwa meskipun masih menghadapi pandemi dan tantangan global lainnya, kita harus terus mendukung upaya kemerdekaan Palestina,” ujar¬†Menlu Retno dalam pernyataan pers bersama Menlu Mesir Sameh Hassan Shoukry di Jakarta, Jumat (18/3).

Kedua Menlu juga sepakat mendorong dimulainya kembali negosiasi multilateral yang kredibel berdasarkan kesepakatan parameter internasional dengan tujuan mencapai solusi dua-negara.

Menlu RI menerima kunjungan resmi untuk pertama kalinya Menlu Mesir Sameh Hassan Shoukry di Kantor Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta pada Jumat (18/3) siang.

Retno mengatakan, ada tiga bidang penting dalam kerja sama bilateral antara Indonesia dan Mesir yang diperkuat, yakni kerja sama kesehatan, pemulihan ekonomi pasca-pandemi dan pendidikan.

Mesir adalah mitra dagang terbesar ketiga Indonesia di Timur Tengah. Meskipun pandemi, nilai perdagangan antara kedua negara pada tahun 2021 meningkat 57,6 persen menjadi USD 1,86 miliar.

Sementara itu, ribuan pelajar Indonesia saat ini terdaftar di Mesir, sebagian besar menempuh pendidikan di Universitas Al Azhar, Kairo. (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)