Menlu RI dan China Lakukan Pertemuan Bilateral di Bali

Bali, MINA – ​Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan State Councilor/, Kamis (7/7) di Bali dalam rangka menghadiri Pertemuan Menlu G20.

Menurut keterangan pers Kementerian Luar Negeri RI, Wang Yi menyampaikan apresiasi terhadap Indonesia atas penyelenggaraan Pertemuan Menlu G20 yang inklusif mengingat peran strategis G20 dalam membahas isu-isu global.

Indonesia sampaikan apresiasi atas dukungan China untuk Presidensi Indonesia di G20 hingga KTT November nanti. Keduanya sepakat banyaknya tantangan yang dihadapi yang memerlukan kerja sama erat.

Terkait kerja sama bilateral, selain pertemuan kali ini, kedua Menlu juga akan melakukan Pertemuan ke-2 High-Level Dialogue and Cooperation Mechanism (HDCM) pada 9 Juli, di Bali. Dari Pihak Indonesia, delegasi akan dipimpin bersama oleh Menko Marinves dan .

Selain isu bilateral, Kedua Menlu juga membahas pentingnya kerja sama antar negara berkembang dalam rangka memelihara stabilitas kawasan dan mengatasi isu-isu global termasuk melalui penguatan kerja sama ASEAN dan China.

Soliditas suara negara-negara berkembang juga diperlukan dalam upaya menghentikan perang, dan mengintegrasikan kembali ekspor pangan Ukraina dan Rusia ke rantai pasok global.

Selain dengan Menlu China, Menlu RI juga melakukan pertemuan dengan Menlu UEA, India, Australia, Sinegal, Afrika Selatan menjelang Pertemuan Menlu G20 di Bali pada 7-8 Juli 2022. (R/RE1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)