Parlemen Slowakia Tolak Pakta Migran PBB, Menlu. Mundur

Bratislava, MINA – Menteri Luar Negeri Slowakia Miroslav Lajcak telah memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai protes atas keputusan parlemen pada Kamis (29/11) yang menolak pakta PBB tentang perlakuan terhadap para migran.

Lajcak adalah Presiden Majelis Umum PBB ketika pakta migrasi diadopsi dan sebelumnya mengancam akan berhenti jika negaranya tidak mendukung perjanjian itu. Demikian Ahram Online melaporkan yang dikutip MINA, Jumat (30/11).

Global Compact for Safe, Orderly, dan Reguler Migration telah disetujui pada bulan Juli oleh semua 193 negara anggota PBB kecuali Amerika Serikat, yang tahun lalu, dan dijadwalkan akan diberlakukan secara resmi pada Desember ini.

“Menteri Luar Negeri Miroslav Lajcak telah memutuskan, menyusul pemungutan suara hari ini (di parlemen) … untuk mengundurkan diri,” kata Kemenlu Slowakia dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan itu menambahkan rincian akan menyusul setelah Lajcak bertemu Perdana Menteri Peter Pellegrini dan Presiden Andrej Kiska.

Perdana Menteri Slowakia Peter Pellegrini mengatakan pemerintahnya akan “tidak pernah” menerima pakta yang menganggap migrasi sebagai fenomena yang secara umum positif, yang bertentangan dengan keinginan Slowakia untuk membedakan di antara para migran.

Selain Bratislava, anggota Uni Eropa lainnya seperti Austria, Hungaria, atau Republik Ceko dan beberapa negara lain termasuk Amerika Serikat, Israel, dan Australia menghindari atau mengumumkan tidak akan menandatangani perjanjian itu, sementara Swiss menunda keputusannya.

Perjanjian itu disusun setelah arus migran membanjiri Eropa yang terbesar sejak Perang Dunia II. Banyak dari para pencari suaka melarikan diri dari konflik dan kemiskinan di Timur Tengah, Afrika, dan sekitarnya.

Perjanjian yang tak mengikat secara hukum itu bertujuan untuk membuat proses migrasi lebih teratur dan aman di seluruh dunia. (T/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

http://english.ahram.org.eg/NewsContent/2/9/318195/World/International/Slovak-foreign-minister-to-resign-after-MPs-reject.aspx