Menpora Targetkan 60 Medali Emas di SEA Games 2023 Kamboja

Jakarta, MINA- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo menargetkan Tim Merah Putih setidaknya mampu meraih 60 medali emas di ajang olah raga Asia Tenggara (SEA Games)  2023 Kamboja, sekaligus mempertahankan peringkat tiga di klasemen akhir.

Dito menyebut sulit bagi Indonesia mempertahankan perolehan 69 medali emas seperti pada SEA Games Vietnam 2021 lalu karena banyak cabang olahraga (cabor) potensial Indonesia tidak dipertandingkan pada event kali ini.

“Kita analisis kemungkinan dan berpotensi akan kehilangan 39 medali emas pada SEA Games ke-32 Kamboja 2023. Hal itu berdasarkan sejumlah faktor yang telah dikaji,” katanya saat pengukuhan Kontingen pada SEA Games ke-32 Kamboja di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora),  Jakarta, Selasa (2/5).

Upacara pengukuhan tersebut dihadiri Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari, Wakil I Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Suwarno, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Lexyndo Hakim serta para atlet dan ofisial Tim Indonesia yang berangkat ke SEA Games 2023 Kamboja.

Kontingen Tim Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja diperkuat 599 atlet yang tampil di 31 cabang olahraga (cabor).

Terkait cabor dan atlet-atlet yang diberangkatkan sudah lebih dulu melalui seleksi dan review dari tim yang terdiri dari akademisi, praktisi dan juga ada perwakilan dari KONI dan KOI.

Penetapan kontingen didasarkan pada catatan prestasi, rekam jejak dan pertimbangan-pertimbangan lainnya yang dimiliki oleh masing-masing atlet. (R/P2/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.