Menristekdikti : SDM Terampil Kunci Tingkatkan Daya Saing Bangsa

(Foto: Humas Ristekdikti)

Pekanbaru, MINA – Kunci untuk meningkatkan daya saing bangsa adalah terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) terampil yang mampu bersaing secara nasional dan internasional serta tumbuhnya riset dan inovasi di perguruan tinggi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi ()   pada Kuliah Kebangsaan bertema ‘Menumbuhkan Semangat Kuliah Kebangsaan’ di Ruang Rapat Senat Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, di Pekanbaru, Selasa ( 14/11).

“Daya saing bangsa dapat dicapai dari lulusan perguruan tinggi yang terampil dan siap bersaing. Inovasi juga punya peran penting dalam mendorong daya saing bangsa, hal ini harus sejalan dengan sumber daya yang berkualitas juga,” ujar Nasir sebagaimana keterangan pers yang diterima MINA.

Pada kesempatan yang sama, Nasir juga mengharapkan adanya kontribusi dari dalam hal publikasi ilmiah.

Saat ini peringkat publikasi internasional Indonesia meningkat pesat berada di peringkat ke-3 pada tahun 2017 dibandingkan pada tahun 2016 di peringkat ke-4 yakni dari jumlah publikasi 11.865 di tahun 2016 menjadi 13.729 pada 2 November 2017.

“Dengan jumlah itu, publikasi internasional Indonesia telah melampaui Thailand dan Vietnam. Saya optimis publikasi internasional dapat terus naik di akhir tahun dengan dukungan dari perguruan tinggi seluruh Indonesia. Saya harap UIN Suska dapat turut berkontribusi dalam publikasi ilmiah baik di jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional bereputasi,” harapnya.

Rektor UIN Suska Riau, Munzir Hitami menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih tentang semangat kebangsaan bagi kalangan civitas akademika UIN Suska Riau serta sebagai representasi jati diri bangsa secara luas dan adanya pemahaman kebangsaan secara lebih mendalam dan konstektual sangat dibutuhkan.

Hadir juga dalam acara ini, Wakil gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, Tokoh Nasional Muhaimin Iskandar, Sekretaris Direktorat Jenderal Kelembagaan Kemenristekdikti Agus Indarjo, dan Ketua Senat serta seluruh jajaran civitas akademika UIN Suska Riau. (R/R09/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.