Mensos Kunjungi MUI Bahas Penanganan Korban Eks Gafatar

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (kiri) Ketua Umum MUI, KH Maruf Amin (Kanan) Bahas Penanganan Eks Gafatar (Foto : MINA)
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (kiri) Ketua Umum , KH Maruf Amin (Kanan) Bahas Penanganan Eks Gafatar (Foto : MINA)

Jakarta, 6 Jumadil Akhir 1437/15 Maret 2016 (MINA) – Menteri Sosial Khofifah  Indar Parawangsa beserta jajarannya mengadakan pembicaraan dengan pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk membahas penanganan warga eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar).

Khofifah Indar Parawansa  mengatakan penanganan eks Gafatar memang persoalan penting, maka perlu ada koordinasi pemerintah bersama para ulama, kata Khofifah di Gedung MUI, Jakarta Pusat, Selasa (15/3) siang.

“Eks anggota Gafatar tetap adalah Warga Negara Indonesia dan tidak boleh dikategorikan sebagai pengungsi,” tegas Khofifah.

Untuk itu, ia menegaskan orang-orang tersebut harus mendapatkan perhatian, terutama dari para pemuka agama seperti MUI.

Menurutnya, kerjasama yang akan dibangun dengan MUI adalah pembinaan keagamaan kepada eks anggota Gafatar baik yang di Jakarta maupun Kalimantan.

Dia mengakui kemitraan dan koordinasi akan dilaksanakan dalam waktu dekat, setidaknya sudah bisa dimulai pada 23 Maret 2016 nanti.

Sementara Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin juga mengungkapkan,pihaknya merasa memiliki tanggungjawab sebagai wadah umat Islam untuk melakukan penanganan kepada eks anggota Gafatar.

“Jadi program-program pembinaan keagamaan akan dilakukan oleh MUI. Eks anggota Gafatar harus mendapatkan rehabilitasi agar tidak lagi terjerumus ajaran-ajaran yang salah,” tambah kyai Maruf.

Ia mengatakan penanganan anggota eks Gafatar harus menjadi perhatian bersama, lantaran tidak hanya termasuk masalah sosial melainkan juga persoalan agama.

Untuk itu dia berharap ada sinergi yang berkesinambungan dari Kemensos dan MUI agar dapat mengembalikan mereka kepada ajaran Islam yang sebenarnya. “Tanggung jawab kita mengembalikan mereka,” tutup Ma’ruf.

Hadir pula dalam pertemuan ini, Ketua MUI bidang Pemberdayaan Ekonomi Lukmanul Hakim, Ketua MUI Bidang Komisi Dakwah Cholil Nafis, Ketua Bidang Hukum dan Perundang-undangan MUI Zainut Tauhid Saadi,  (L/P002/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)