Menteri PPPA: Akan Dibuat Protokol Kesehatan di Lingkungan Keluarga

Jakarta, MINA – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Puspayoga mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 untuk membuat protokol kesehatan keluarga.

“Harapan kami protokol kesehatan keluarga ini juga dapat diterapkan. Bila ada anggota keluarga yang terinfeksi, dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan dan sebagainya,” katanya saat jumpa pers di Kantor Presiden, Kamis (24/9). Demikian keterangan yang diterima MINA.

Menurutnya, dengan melibatkan peran perempuan dalam menerapkan protokol kesehatan di keluarga, jelas akan menekan peningkatan klaster secara signifikan.

Ia meminta keluarga-keluarga untuk menerapkan ketat 3M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, agar terhindar dari infeksi Covid-19 di dalam dan di luar rumah.

Hal ini demi menekan peningkatan jumlah klaster keluarga.

“Semuanya mari kita bersatu bergandengan tangan, bekerja bersama-sama, saya yakin kekuatan perempuan akan bisa keluar dari situasi sulit ini. Perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia maju,” jelasnya.

Kementerian PPPA juga memiliki wadah yaitu Forum Anak yang tersebar di 34 provinsi dan 451 kabupaten/kota.

Selain itu, Pemerintah juga telah memberikan arahan untuk melakukan sosialisasi masif kepada para keluarga, terutama perempuan dan anak dalam upaya sosialisasi dan kampanye masif, yang akan melibatkan lembaga atau pemerhati perempuan, salah satunya Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). (R/SR/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments are closed.