MER-C Gelar Layanan Kesehatan bagi Korban Tsunami di Desa Ujungjaya

Pandeglang, MINA – Tim relawan lembaga kemanusiaan Kegawatdaruratan Medical Emergency Rescue Committee () terus menjalankan misi kemanusiaan di wilayah terdampak di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi .

Pada Selasa (1/1), tim MER-C menjalankan mobile clinic di Kampung Glarakgando, Desa Ujungjaya. Tim Medis MER-C memberikan pelayanan kesehatan untuk mengobati warga desa yang sakit.

Salah seorang relawan medis MER-C dr. Ahmad Azam Hisabullah mengatakan, penyakit yang dikeluhkan pasien yang ia tangani paling banyak yang mengalami nyeri otot, Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), Penyakit Maag (Dispepsia), dan hipertensi.

“Alhamdulillah, pengobatan hari ini cukup lancar dengan jumlah pasien yang cukup banyak dari laki-laki dan perempuan, anak-anak sampai lanjut usia. Cukup variatif penyakitnya, ini khas banget, biasanya penyakit-penyakit ini yang muncul setelah bencana,” ujar Azam kepada MINA.

Dia mengatakan, pada tiga pekan ke depan, tim MER-C akan menindaklanjuti kembali pasien-pasien yang telah ditangani untuk memastikan apakah sudah dapat mandiri dari sektor kesehatan.

Seorang warga korban tsunami yang menjalani pengobatan, Tisah (70), yang mengeluhkan sakit kepala dan tidak enak makan ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim medis MER-C yang telah memberikan pengobatannya.

Sementara Tim Logistik menyerahkan sejumlah bantuan amanah dari donatur kepada warga.

Sebelumnya, Tim MER-C sudah melakukan mobile clinic di wilayah Taman Jaya yakni di Kampung Pasir Jaya dan Kampung Gunung Pariuk.

Tim MER-C mengirimkan tim relawan yang kedua terdiri dari 13 relawan dengan berbagai keahlian, yaitu dokter spesialis penyakit dalam, dokter umum, perawat, logistik dan dokumentasi, Jumat (28/12).

Selain membawa bantuan obat-obatan, tim juga membawa bantuan logistik, jilbab, sarung serta masker bantuan dari para donatur yang akan disalurkan langsung kepada para korban.

Masa tugas tim kedua direncanakan hingga Kamis (3/1).

Kecamatan Sumur sendiri terdiri dari tujuh desa, yakni Desa Sumberjaya, Desa Kertajaya, Desa Cigorondong, Desa Tunggal Jaya, Desa Kertamukti, Desa Taman Jaya, dan yang berada paling ujung Desa Ujungjaya.

Tsunami di Selat Sunda yang terjadi pada Sabtu malam (22/12/2018) meluluhlantakkan kawasan pesisir Provinsi Banten dan Provinsi Lampung.

Rekening Donasi Misi Kemanusiaan untuk Korban Tsunami Banten – Lampung :
BCA, 686.0099339
BSM, 701.5658.899
BNI Syariah, 303.2000.922
Semua Rekening atas nama: Medical Emergency Rescue Committee. (L/Abd/R01)

M’iraj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.