MER-C Cabang Gaza Salurkan 1.000 Paket Sembako dan 1.000 Paket Buka Puasa

Gaza, MINA – Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada Ramadhan tahun ini, Lembaga Kegawatdaruratan Medis Medical Emergency Rescue Committee () Indonesia melalui cabangnya di Jalur Gaza, Palestina kembali mengadakan program bantuan Ramadhan.

Bantuan yang akan disalurkan berupa paket sembako sebanyak 1.000 dan makanan berbuka puasa sebanyak 1.000 paket. Bantuan disalurkan bertahap pada pekan terakhir Ramadhan.

“Ini adalah kegiatan rutin yang setiap tahun kita adakan melalui Cabang MER-C di Jalur Gaza, untuk membantu saudara-saudara kita di sana yang masih hidup dalam blokade ditambah adanya pandemi Corona. Bantuan berasal dari donasi masyarakat Indonesia untuk program Kemanusiaan Gaza,” ucap Ketua Presidium MER-C dr. Sarbini Abdul Murad.

“Meski bangsa kita juga sedang mengalami berbagai masalah dan kesulitan ditambah adanya wabah Corona, namun kita berupaya tetap berbagi di tengah keterbatasan kita, sebagai bentuk dukungan dan perhatian kita kepada saudara-saudara kita di Gaza yang masih hidup dalam berbagai keterbatasan akibat blokade dan penjajahan zionis Israel. Semoga sedikit bantuan yang kita berikan dapat turut menguatkan dan meringankan beban mereka,” tambah dr. Ben panggilan akrabnya.

Menurutnya, bantuan disiapkan dan disitribusikan oleh relawan Indonesia yang sedang bertugas di sana kepada warga Gaza yang membutuhkan.

“Ada 31 relawan yang saat ini masih bertugas di Jalur Gaza yang sedang menjalankan pembangunan tahap 2 RS Indonesia di Gaza berasal dari jaringan Pondok Pesantren Al-Fatah Se-Indonesia. Mereka berasal dari berbagai daerah seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, Kalimantan Barat dan lainnya yang dalam ruang lingkup Jama’ah Muslim (Hizbullah),” ungkapnya.

Dr. Sarbini juga menyampaikan bahwa Cabang MER-C di Jalur Gaza telah resmi berdiri dan diakui oleh Pemerintah setempat sejak 10 tahun silam, tepatnya sejak Agustus 2010. Anggotanya terdiri dari relawan Indonesia yang tengah bertugas di Jalur Gaza, Palestina untuk pembangunan Rumah Sakit Indonesia dibantu beberapa relawan lokal.

“Cabang MER-C di Gaza sudah resmi berdiri sejak Agustus 2010 ketika proses pembangunan RS Indonesia awal dimulai. Sejak saat itu, sampai saat ini Alhamdulillah cabang MER-C di Gaza masih aktif, menjembatani komunikasi antara MER-C Pusat dengan Pemerintah dan warga Palestina di Gaza dan menjalankan baik program Pembangunan RS Indonesia maupun program kemanusiaan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan warga setempat seperti bantuan Ramadhan, bantuan musim dingin tersebut,” jelas dr. Ben.

MER-C masih membuka kesempatan bagi masyarakat Indonesia yang ingin berdonasi bagi program ini melalui :

Rekening Amanah Kemanusiaan Gaza
BCA, 686.033.5555, Bank Mandiri, 124.000.3753.754, BSM, 700.290.5803
(a/n.), Info lebih lanjut:

www.mer-c.org Call Center : 0811990176. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)