MER-C Kembali Kirim Relawan untuk Korban Erupsi Sinabung

Tim melakukan pemeriksaan kepada korban erupsi . Dok. MER-C

Medan, MINA – Tim MER-C kembali menyusuri korban erupsi Gunung Sinabung di Kecamatan Payung. Tim yang dikirim sebanyak 17 relawan yang terdiri dari 3 dokter umum, 5 perawat, 2 mahasiswa keperawatan, 5 mahasiswa kedokteran, 1 mahasiswa kebidanan, dan 1 relawan non medis yang bertindak sebagai sopir.

Pengiriman tersebut, menindaklanjuti assessment yang dilakukan oleh Tim MER-C pada 20 Februari 2018 pascaerupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Relawan berangkat pada Ahad (25/2) untuk kembali guna melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan, pengobatan umum, dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat terdampak bencana.

Di wilayah tersebut tim melaksanakan kegiatan pengobatan dan penyaluran bantuan donatur di tiga lokasi, yaitu Desa Payung, Desa Selandi Lama, dan Desa Selandi Baru. Tiba di lokasi sekitar jam 14.30 WIB dan langsung berkoordinasi dengan Kepala Desa Payung kemudian membagi tim menjadi dua.

Tim pertama fokus melaksanakan kegiatan medis di Desa Payung dan tim kedua mobile ke desa-desa yang ada di kecamatan Payung. Total pasien yang ditangani di Kecamatan Payung sebanyak 242 orang dengan rincian 170 orang di Desa Payung, 57 orang di Desa Selandi Lama dan sisanya 15 orang di Desa Selandi Baru. Permasalahan kesehatan yang banyak dijumpai adalah iritasi mata, ISPA, dan penyakit degeneratif hipertensi dan diabetes militus.

Tim selesai melaksanakan kegiatan sekitar pukul 19.30 WIB. Saat tim dalam perjalanan kembali ke Medan, tim mendapatkan kabar bahwa Gunung Sinabung kembali erupsi dengan arah angin perlahan ke arah barat daya.

MER-C membuka kesempatan bagi donatur yang ingin berpartisipasi menyalurkan bantuan bagi Korban Bencana Erupsi Sinabung di:

MER-C Cabang Medan,
Jl. Setia Budi Komplek Ruko Milala Mas No. B-22, Kel. Tanjung Rejo, Kec. Medan Sunggal, Sumatera Utara
No HP : 08116400202

Bantuan donasi dapat disalurkan melalui rekening amanah Kemanusiaan:
BSM, 7074585099
An. MER-C CABANG MEDAN (R/P3/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)