MER-C Salurkan Bantuan APD Tahap III Melalui BPBD DKI Jakarta

Jakarta, MINA – Lembaga Kegawatdaruratan Medis Medical Emergency Rescue Comiitee (MER-C) kembali menyalurkan 200 paket bantuan alat pelindung diri (APD) kepada gugus tugas penanggulangan Covid-19 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) , Selasa (9/6).

“Ini merupakan yang ketiga kalinya kita menyalurkan bantuan APD melalui BPBD DKI Jakarta. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat khusunya tenaga kesehatan yang masih berjuang melawan Pandemi Covid-19,”kata Ketua Divisi Bantuan dan Logistik MER-C, Ita Muswita kepada MINA.

Paket APD yang terdiri dari baju hazmat reuseable, face shield, kaca mata google, masker bedah, masker N95, nurse cap, sarung tangan, pelindung sepatu, sepatu boot dan alkohol 70% 5 liter. Paket tersebut merupakan bantuan dari PT Repower Asia Indonesia bekerja sama dengan MER-C Indonesia.

MER-C Indonesia sejak awal wabah virus Corona (Covid-19) merebak, hingga kini terus bergerak untuk turut melakukan penanganan virus tersebut. Hingga saat ini, bantuan APD dari MER-C sudah terdistribusikan ke lebih dari 125 fasilitas kesehatan dari mulai Aceh hingga sampai Papua Barat.

Cabang-cabang MER-C di daerah juga diaktifkan untuk dapat membuat face shield sendiri untuk dapat didistribusikan di wilayah kerja masing-masing. Selain menyalurkan bantuan APD, MER-C juga membentuk Tim Monitoring Pasien Dalam Pemantauan COVID-19.

Monitoring pasien dalam pemantauan COVID-19 dilakukan selama kurang lebih 14 hari sejak pulang dari RS atau disesuaikan dengan kondisi pasien.

Sebanyak 25 relawan medis tergabung dalam tim, terdiri atas tiga orang dokter spesialis, 21 orang dokter umum dan satu orang perawat.

Bantuan ini sebagai respon PT Repower Asia Indonesia sebagai perusahaan publik dan MER-C Indonesia sebagai lembaga medis kemanusiaan atas seruan Gubernur DKI Jakarta mengenai KSBB (Kolaborasi Sosial Berskala Besar).

Harapannya, kolaborasi yang ada serta bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dalam mendukung langkah-langkah Pemerintah untuk menangani dampak wabah ini serta membantu tenaga medis memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat. (L/R8/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)