MER-C Yogyakarta Kirim Ambulans Bantu Transportasi Pasien Korban Gempa

Mataram, MINA – Tibanya satu unit cabang Yogyakarta di Mataram, Nusa Tenggara Barat pada Sabtu (11/8) pagi, membantu mengatasi  permasalahan transportasi pasien antarrumah sakit.

Gempa susulan kuat pada Kamis lalu yang sebesar 6,2 SR di Lombok Utara, membuat manajemen Rumah Sakit Umum Mataram hanya mengizinkan penggunaan ruang operasi sentral untuk tindakan bedah ringan. Adapun untuk operasi besar, terpaksa dilakukan di rumah sakit lain seraya menunggu Kamar Operasi Lapangan selesai dibuat .

Inisiatif MER-C untuk memulai tindakan operasi di Rumah Sakit Awet Muda (RSAM) di Narmada, 30 menit perjalanan mobil dari RSU Mataram, dinilai tepat dan menunjukkan hasil.

Pasien-pasien yang sebelumnya antri di RSU Mataram, mulai dikirimkan ke RSAM untuk menjalani operasi yang dilakukan oleh Tim Bedah MER-C berkolaborasi dengan PABOI Jaya dan Departemen Orthopaedi FKUI/RSCM.

Kendala yang timbul sebelum ini adalah kurangnya ambulans untuk transportasi antarrumah sakit.

Kedatangan ambulans MER-C Cabang Yogyakarta bersama empat orang relawan (1 dokter, 1 perawat, 1 orang logistik dan 1 sopir) segera mengatasi masalah pengiriman pasien dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya.

Dokter MER-C Cabang Medan yang beroperasi mobile clinic di Kecamatan Kayangan, Lombok Utara, ditarik untuk mendukung operasional RSAM.

Dokter MER-C ahli ortopedi, ahli anestesi, perawat bedah, perawat dan tim logistik akan segera datang untuk membantu operasional RSAM dan realisasi rencana pendirian rumah sakit lapangan di Lombok Utara. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.