MER-C SIAPKAN TIM BEDAH UNTUK KORBAN GEMPA BUMI DI NEPAL

(MER-C)
()

Jakarta, 9 Rajab 1436/28 April 2015 (MINA) – Lembaga Kemanusiaan Medical Emergency Resccue Committe (MER-C) siapkan tim bedah untuk korban gempa bumi di Nepal.

Rima Manzanaris Manajer Operasional MER-C, mengatakan keberangkatan masih dalam perencanaan jadwal.

“Perkiraannya kita akan memberangkatan awal bulan Mei ini,” ujar Rima kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Selasa (28/4).

Rima melanjutkan, tim medis MER-C dijadwalkan akan melaksanakan misi kemanusiaan di sana sekitar dua pekan.

“Tim yang akan kami kirimkan sebanyak 5-7 orang dengan membutuhkan dana sebesar Rp. 200 juta,” ungkapnya.

Rima menjelaskan, gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,9 SR mengguncang Nepal. Hingga saat ini jumlah korban jiwa sudah mencapai lebih dari 3.300 orang, sementara ribuan lainnya mengalami luka-luka.

“Jumlah korban tewas diperkirakan akan terus bertambah karena masih banyak daerah yang belum terjangkau serta jaringan komunikasi di negara tersebut yang terputus,” ujar Rima.

Selanjutnya, tim yang dibentuk MER-C akan berfokus pada Tim Bedah, yang terdiri dari dokter spesialis bedah umum, spesialis bedah orthopedi, spesialis anastesi dan dokter umum serta perawat bedah.

Rima mengatakan, Hal ini berdasarkan pengalaman MER-C pada penanganan bencana gempa bumi serupa baik di Yogyakarta maupun di Padang (Sumatera Barat).

“Bahwa korban hidup yang akan banyak ditemui adalah korban dengan kasus patah tulang akibat tertimpa reruntuhan bangunan,” kata Rima.

Bantuan bagi korban bencana gempa bumi di Nepal dapat disalurkan melalui: BNI Syariah, 08.111.92995, BCA, 686.028.0009, Atas nama Medical Emergency Rescue Committee. (L/P007/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0