Mesir akan Naikkan Biaya Transit Terusan Suez 15% Tahun 2023

Kairo, MINA – Otoritas Terusan berencana menaikkan biaya transit untuk kapal yang melewati jalur laut itu sebesar 15% pada awal tahun 2023.

Di sampimg itu dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Anadolu, Senin (19/9), Ketua Otoritas Terusan, Osama Rabie, mengatakan, biaya transit untuk kapal curah dan wisata juga akan dinaikkan sebesar 10% juga mulai Januari 2023.

Rabie mengatakan. kenaikan tarif adalah akibat inflasi global saat ini, yang meningkatkan biaya operasional, dan biaya layanan navigasi yang disediakan di terusan.

Pada bulan Juli lalu, Otoritas mengatakan, pendapatannya mencapai titik tertinggi sepanjang masa, mencatat US$7 miliar pada tahun fiskal terakhir.

Terusan Suez adalah jalur air strategis menghubungkan Laut Tengah dan Laut Merah, yang  merupakan sumber pendapatan utama Pemerintah Mesir.

Terusan berusia 152 tahun ini digunakan oleh  12% dari lalu lintas perdagangan global, dan terus mempertahankan peran pentingnya dalam perdagangan dunia.

Terusan tersebut  menampung 61,2% armada kapal tanker dunia, 92,7% armada kapal curah dan 100% kapal peti kemas dan kapal lainnya. (T/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)