Mesir Undang Hamas Hadiri Pembicaraan Rekonsiliasi Baru

Gaza, MINA – Anggota biro politik Hamas Husam Badran mengatakan, Rabu (6/2), pihaknya telah diundang oleh Mesir untuk menghadiri pertemuan Kairo tentang cara-cara untuk mengakhiri perpecahan politik Palestina.

Badran mengatakan dalam pernyataan pers resminya yang dikutip MINA, Hamas telah menyambut undangan yang dihadiri semua faksi Palestina itu dan sedang menunggu pengaturan untuk persiapan menghadiri pertemuan.

Dalam pertemuan nanti, akan dibahas cara-cara untuk melawan tantangan yang diajukan pada proyek nasional Palestina, memulihkan persatuan nasional, dan mengakhiri perpecahan internal.

Sebelumnya, Selasa (5/2), delegasi Hamas yang dipimpin oleh kepala biro politik Ismail Haniyah berkunjung ke Mesir. Mereka meninggalkan Gaza pada Ahad (3/2) pagi melalui perbatasan Rafah untuk bertemu dengan para pejabat senior keamanan Mesir. Pada Selasa, mereka bertemu dengan Kepala Dinas Intelijen Mesir Abbas Kamel.

Hamas mengatakan dalam sebuah pernyataan resmi pada Selasa bahwa suasana positif berlaku selama pertemuan di mana mereka membahas hubungan bilateral dan peran Mesir dalam mendukung perjuangan Palestina.

Anggota Biro Politik Hamas Ezzt Al-Rasheq menjelaskan, selegasi Hamas membahas dengan para pejabat Mesir tersebut tentang hubungan bilateral antara kedua belah pihak, perkembangan terbaru mengenai situasi Palestina, pemahaman gencatan senjata, dan upaya rekonsiliasi.

“Para pejabat senior Hamas bertemu dengan rekan-rekan Mesir membahas situasi kemanusiaan di Jalur Gaza dan meningkatkan hubungan politik dengan Mesir,” tambahnya.(T/R01/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)