Mesir: Upaya Mediasi Akhiri Blokade Qatar Belum Berhasil eputusan

Foto: MEMO

Kairo, MINA – Juru Bicara Kepresidenan Bassam Radi mengatakan, upaya mediasi Kuwait mencapai rekonsiliasi antara empat negara Arab yang berlakukan blokade terhadap Qatar belum mencapai hasil.

Ia mengungkapkan, negara-negara Arab itu sebelumnya telah menetapkan sejumlah tuntutan yang harus dipenuhi Qatar untuk diakhirinya blokade.

“Jika Qatar menanggapi tuntutan tersebut dengan keinginan yang tulus dan kemauan politik yang kuat, akan ada hal lain,” ujar Radi, demikian MEMO melaporkan, Jumat (18/12).

Pernyataan Radi datang beberapa jam setelah kunjungan Putra Mahkota Abu Dhabi, Mohammed Bin Zayed Al Nahyan baru-baru ini ke Kairo, dimana ia bertemu dengan Presiden Abdel Fattah Al-Sisi.

Pada 5 Juni 2017, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan dengan Qatar, menuduh Qatar mendanai terorisme. Qatar membantah tuduhan tersebut.

Keempat negara yang melancarkan blokade telah mengajukan 13 syarat untuk mencabut blokade, tetapi Doha telah berulang kali menegaskam tidak akan menerima dialog dengan prasyarat, karena mereka harus menghormati kedaulatan Qatar. (R/Hju/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hamidah Juariyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.