MILITAN KURDI BAKAR MASJID BERSEJARAH TURKI

Masjid Pasa Fetih di provinsi Diyarbakir. (Foto: AA)
Masjid Pasa Fetih di provinsi Diyarbakir. (Foto: AA)

Diyarbakir, , 26 Safar 1437/8 Desember 2015 (MINA) – Sebuah masjid bersejarah era Ottoman abad ke-16 rusak parah akibat dibakar oleh Partai Pekerja Kurdi () di Turki Selatan pada Senin (7/12).

Pemerintah Provinsi Diyarbakir mengatakan, kebakaran tersebut disebabkan oleh serangan teror PKK pada pukul 09.20 waktu setempat saat pasukan keamanan beroperasi untuk menjaga keamanan wilayah tersebut.

“Pintu, dinding, dan jendela masjid dibakar oleh anggota organisasi teror,” jelas Pemerintah Provinsi Diyarbakir. Anadolu Agency memberitakannya yang dikutip oleh Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Api membakar dan merusak bangunan masjid tersebut selama tujuh jam. Pemadam kebakaran tidak dapat mengatasi kobaran api karena serangan terus dilancarkan.

Seorang koresponden Anadolu Agency saat berada di lokasi kejadian mengatakan, militan PKK menembaki petugas pemadam kebakaran di Masjid Pasa Fetih.

Jam malam telah diberlakukan sejak tanggal 2 Desember di kota tersebut. Militan PKK biasanya membangun barikade dan menggali parit untuk menghindari pasukan keamanan di wilayah itu.

Omer Evsen, Kepala Daerah Serikat Pekerja Keagamaan Turki mengatakan, “Serangan terhadap merupakan kelanjutan dari konflik yang berpotensi menimbulkan serangan terhadap tempat lainnya.”

Sebelumnya, PKK menyerang masjid Ottoman itu dengan merusak dan menembaki pintu, dinding, dan jendela. Kejadian tersebut melukai seorang polisi yang sedang berada di sekitar masjid. (T/M01/M02/P001)

Miraj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0