Militer Israel Klaim Hancurkan Terowongan Hamas di Gaza

Tel Aviv, MINA – Juru Bicara Militer Pendudukan , Ella Waweya mengatakan, Senin (15/8), bahwa mereka telah menghancurkan sebuah terowongan yang digali oleh kelompok Palestina, , di Jalur Gaza.

“Terowongan itu digali dari dalam Jalur Gaza utara menuju Israel. Terowongan itu tidak melewati penghalang keamanan yang didirikan oleh Israel di sekitar Gaza,” kata Waweya seperti dikutip MEMO.

Hal itu ia sampaikan tanpa memberikan tanggal penghancuran terowongan tersebut.

Dia mengatakan, terowongan itu tidak menimbulkan ancaman bagi wilayah Israel.

“Pasukan Israel (IDF) sepenuhnya siap untuk berbagai skenario di Jalur Gaza,” kata Waweya.

Sementara itu, Komandan tentara Israel divisi Gaza, Nimrod Aloni, mengatakan, pasukan Israel telah bekerja di daerah Brigade Utara untuk menggagalkan terowongan milik Hamas.

“Terowongan itu adalah terowongan serangan yang terbagi menjadi dua bagian. Itu melintasi wilayah Israel, tetapi tidak melewati area penghalang keamanan baru, dan karena itu tidak menimbulkan ancaman bagi warga Israel pada tahap apa pun,” katanya.

Dia mengatakan,  Hamas berusaha memulihkan terowongan tua itu, yang diserang pasukan  Israel pada Mei 2021.

Belum ada komentar dari Hamas atas tuduhan tersebut.

Israel melakukan serangan udara di Jalur Gaza pada 5 Agustus, di mana lebih dari 47 warga Palestina tewas dan puluhan lainnya terluka. Serangan itu terhenti di bawah gencatan senjata yang ditengahi Mesir dan berlaku mulai Ahad (7/8) malam waktu setempat. (T/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.