Militer Israel Rilis Video Temuan Terowongan Lebanon ke Wilayah Israel

Tel Aviv, MINA – Militer Israel pada Selasa malam (4/12) merilis rekaman terowongan lintas perbatasan yang katanya digali sekitar 40 meter (120 kaki) ke wilayah Israel dari Lebanon selatan.

Video itu menunjukkan terowongan 2 × 2 meter (6 × 6 kaki) yang pertama ditemukan dari wilayah Lebanon, lengkap dengan sistem ventilasi, kabel listrik, dan jalur komunikasi.

Terowongan digali dari bawah sebuah rumah di desa Kafr Kila, Lebanon,di seberang kota Metulla di wilayah jajahan Israel, demikian Times of Israel melaporkan yang dikutip MINA.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan, terowongan itu panjangnya sekitar 200 meter dan sekitar 25 meter dalamnya. Secara signifikan lebih besar daripada kebanyakan terowongan yang digali oleh kelompok bersenjata Hamas di Gaza, Palestina.

Menurut IDF, terowongan mulai digali dua tahun lalu dengan medan tanah yang keras di bawah perbatasan.

Dikatakan bahwa terowongan itu adalah “pertama” dari terowongan-terowongan lintas perbatasan yang diduga kuat banyak jumlahnya.

Hizbullah Lebanon dituding menggali banyak terowongan untuk meluncurkan operasi baru.

Menurut militer, terowongan itu belum beroperasi dan tidak menghadirkan ancaman langsung bagi Israel. Tentara akan melakukan “upaya rekayasa dan operasional sebelum menetralkan” terowongan.

Saat ini, kegiatan militer terbatas pada sisi Israel dari Garis Biru – garis gencatan senjata yang diakui secara internasional yang bertindak sebagai perbatasan de facto antara Israel dan Lebanon.

Namun, Juru Bicara IDF Ronen Manelis mengindikasikan bahwa terowongan lain juga dapat dihancurkan di Lebanon. (T/RI-1/R01)

 

Mi’raj News Agency (MINA)