Militer Israel Selidiki Kematian Dua Remaja Palestina Saat Protes Gaza

Tel Aviv, MINA – pada Sabtu (8/9) mengatakan, pihaknya akan menyelidiki peristiwa-peristiwa seputar kematian dua dalam protes di perbatasan Gaza.

Salah satunya adalah remaja berusia 16 tahun yang ditembak pada Jumat (7/9) selama protes yang kemudian meninggal, menyerah pada luka-lukanya hari Sabtu sehari kemudian.

Saluran media Palestina merilis klip video yang menunjukkan insiden penembakan itu. Remaja yang bernama Ahmad Abu Tuyur tersebut tampak melemparkan benda sebelum melambai dan bertepuk tangan dengan tangan diangkat di udara pada saat dia ditembak.

“Diklaim bahwa dua orang tewas dalam gangguan kekerasan. Peristiwa akan ditinjau oleh eselon perintah yang relevan,” kata Pasukan Pertahanan Israel () dalam pernyataan Sabtu, demikian yang dikutip dari Times of Israel.

Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza pada Jumat mengatakan, seorang remaja berusia 17 tahun juga tewas dan hampir 400 warga Gaza terluka dalam protes pekanan di hari itu.

Sekitar 7.000 orang Palestina ambil bagian dalam demonstrasi yang menuntut hak pulang ke tanah mereka yang dirampas oleh Israel.

IDF mengatakan, para demonstran melemparkan batu dan bom Molotov kepada para tentara yang kemudian menanggapi dengan gas air mata dan sarana lain yang tidak mematikan, meski fakta di lapangan menunjukkan banyak penggunaan peluru hidup. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.