MILITER ISRAEL TANGKAP 21 AKTIVIS HAMAS DI TEPI BARAT

1 AKTIVIS PLSTINA DITANGGAP MALAYSIA

1 AKTIVIS PLSTINA DITANGGAP MALAYSIARamallah, 24 Rabiul Awal 1434 /5 Februari 2013 (MINA) – Tentara elit telah menangkap 21 aktivis Hamas di Senin pagi (4/2). Tiga dari mereka adalah anggota parlemen . Seorang narasumber dari Palestina mengatakan mereka tertangkap dalam sebuah serangan fajar.

Sementara militer Israel mengatakan di antara mereka yang ditahan adalah Adnan Asfour, dari Nablus, Omar Aljabarini dari kamp pengungsi Balata, Dr Zinedine Shabana dari Hebron dan anggota Dewan Legislatif Palestina Ahmed Atoun dari Yerusalem yang sebelumnya pernah ditangkap selama beberapa bulan dan akhirnya dibebaskan dengan syarat ia tetap keluar dari Ramallah .

Hurriyat, aktivis HAM untuk para tahanan mengatakan Sebagian besar penangkapan itu terjadi di kota Nablus Nablus, Tul Karm, Hebron, Qalqilyah, Betlehem dan Ramallah menargetkan para anggota senior Hamas

Sementara itu, juru bicara militer Israel mengatakan bahwa masih ada25 warga Palestina lagi yang  dicari untuk ditangkap, sebagian besar dari mereka adalah simpatisan Hamas.

Dari ketiga anggota parlemen yang ditangkap, dua di antaranya adalah Dewan Legislatif Palestina (PLC) yang disita rumahnya di Hebron,  sementar yang satu lagi ditangkap di pusat kota Ramallah.

Pasukan Israel juga menyerbu dua lembaga Hamas yang berada di Tulkarem dan Hebron. Mereka menyita beberapa komputer dan dokumen-dokumen penting.

Seorang perwira senior Israel dari Komando Sentral militer mengatakan bahwa aktivis lainnya yang akan ditangkap dalam waktu dekat karena keterlibatan mereka dalam kekacauan polotik dan beberapa insiden kekerasan di Tepi Barat.

Serangan-serangan Israel di Tepi Barat berlangsung setiap hari. Hal ini sengaja dilakukan Israel untuk menyabotase upaya-upaya untuk mencapai rekonsiliasi di internal Palestina yaitu antara Hamas dan Fatah.(T/P04/R2).

Miraj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0