Militer Israel Uji Coba Ketahanan Bunker dari Bom

Pegawai institut Standar Israel memeriksa kerusakan tes ledakan pada pintu jenis baru untuk bunker. (Foto: Judah Ari Gross/Times of Israel)

Tel Aviv, MINA – Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada hari Rabu (27/12) meledakkan hampir satu ton bahan peledak di samping bunker beton untuk menguji kekuatannya dari serangan, Times of Israel memberitakannya.

Bunker itu dilengkapi dengan tiga desain pintu baru yang dimaksudkan untuk menangani salah satu aspek paling rentan dari ruang pelindung di saat perang yang kemungkinan akan terjadi.

Selama sepekan terakhir, tentara Komando Front Dalam Negeri telah melakukan tes ledakan di pintu pengaman baru dan desain untuk infrastruktur bawah tanah lainnya di gurun Arava yang sepi di selatan Israel.

Di Arava terdapat pangkalan militer Sayarim yang dikenal untuk kompleks sekolah pelatihan Intelijen Tempur.

Langkah itu diambil IDF untuk menghadapi kemungkinan terjadinya perang seiring memanasnya situasi antara rakyat Palestina dengan pemerintah dan pasukan pendudukan.

Sebelumnya, militer Israel dilaporkan telah memperingatkan menteri-menteri senior tentang situasi di Jalur Gaza yang dapat menyebabkan babak baru peperangan dengan Hamas.

Media Israel Hadashot melaporkan pekan lalu, pejabat senior pertahanan mengatakan kepada menteri kabinet keamanan bahwa kelompok perlawanan di Gaza sebenarnya tidak berminat untuk memulai konflik dengan Israel. Namun, situasinya mungkin tidak terkendali dan dapat menimbulkan perang.

Pihak militer mengatakan kepada menteri, situasinya mengingatkan pada ketegangan pada malam konflik Gaza 2014. (T/RI-1/R01)

 

Mi’raj News Agency (MINA)