Moda Transportasi Utama di Taiwan

Laporan khusus wartawan Kantor Berita MINA di *

Taiwan tengah serius mengembangkan halal dengan membangun fasilitas-fasilitas penunjang bagi wisatawan Muslim. Selain itu, infrastruktur di negeri Formosa (Pulau yang indah) ini sudah berkelas dunia, termasuk berbagai sarana pendidikan dan jaringan telekomunikasi kelas satu.

Hal yang penting saat menjadi masalah adalah masalah transportasi. Pengunjung yang ingin mendapatkan transportasi yang praktis dan ekonomis. Apalagi dengan keterbatasan untuk wilayah negara tertentu. Jenis transportasi di Taiwan memang tidak jauh beda dengan di negara lain. Namun beberapa moda transportasi darat menjadi utama yang harus Diperoleh para pilihan Muslim.

Berikut beberapa moda transportasi darat yang dapat digunakan para muslim untuk mengunjungi daerah Taiwan.

1. Kereta Api Super Cepat Taiwan (Taiwan High Speed ​​Rail – THSR)

THSR (Taiwan High Speed ​​Rail) adalah sistem kereta api yang menghubungkan provinsi yang ada di Taiwan mulai dari utara ke selatan. Kereta yang populer disebut kereta peluru ini melintas di atas jalur sepanjang 345 kilometer dan terus bertambah. Kereta api ini berjalan di jalur khusus dan melewati enam stasiun besar.

Layanan ini mulai beroperasi pada Januari 2007 dengan jalurnya bermula dari Nangang dan melewati stasiun-stasiun berikutnya yaitu Taipei-Banqiao-Taoyuan-Hsinchu-Miaoli-Taichung-Changhua-Yunlin-Chiayi-Tainan dan berhenti di stasiun Zhuoying Kaohsiung THSR adalah pilihan yang tepat jika akan berlayar ke Taiwan bagian selatan.

Taiwan High Speed ​​Rail telah membuat sistem transportasi publik Taiwan menjadi lebih mudah karena tarikkan kota besar dan kota kecil. Saat ini, Anda dapat melakukan perjalanan antara Taipei dan Kaohsiung dalam sehari. Dientang “Koridor Barat” Taiwan ada 12 stasiun THSR: Nangang, Taipei, Banqiao, Taoyuan, Hsinchu, Miaoli, Taichung, Changhua, Yunlin, Chiayi, Tainan dan Zhuoying.

Saya pun bisa berkesempatan ikut serta THSR bersama rombongan Muslim Youth Exchange Camp untuk Negara-negara Asia Tenggara, Selasa (24/7/2018), dari Stasiun Utama Taipei menuju Kaohsiung dan sebaliknya pada Kamis (26/7/2018). Jarak yang datang kurang lebih sekitar 350 kilometer (km).

Pada 24 Juli 2018, Kereta super cepat ini sudah mencapai penumpang ke-500 juta maksud dengan rata-rata, setiap penduduk Taiwan telah melakukan perjalanan dengan kereta api berkecepatan tinggi sebanyak 21 kali.

Dengan THSR, perjalanan dari Taipei menuju Kaohsiung hanya sekitar 1 jam 45 menit, dari waktu tempuh normal 3-4 jam. Kereta ini melaju dengan kecepatan maksimal 300km/jam. THSR memiliki dua kelas yaitu bisnis dan standar yang perlu dipesan sebelumnya. Disediakan jenis tiket satu arah atau multi-ride yang dapat dibeli di loket stasiun, vending machine, atau mini market. Anda dapat memberikan tiket pada mesin multi-media yang ada di mini market. Akses lain dari menaiki THSR adalah adanya WiFi gratis di dalam kereta. Selain itu, ada juga penyedia makanan dan minuman serta souvenir yang disediakan pramusaji di dalam kereta.

2. Administrasi Kereta Api Taiwan (Taiwan Railway Administration – TRA)

Selain THSR ada pula alternatif transportasi kereta yang menghubungkan provinsi di Taiwan yang biasa disebut TRA (Taiwan Railways Administration).

Kereta api konvensional dikelola oleh Taiwan Railways Administration (TRA) yang melayani rute antar kota besar dan kota kecil di ke dua wilayah pantai barat dan timur. Ongkos naik kereta tergantung pada jarak dan jenis kereta. Tszu-chiang mengungkapkan sebuah kereta yang cepat dan termahal. TRA juga mengelola rute Pingxi Line / Jalur yang berada dekat Taipei dan Jiji Line / Jalur di Taiwan Pusat.

Ada tiga jalur utama yaitu Jalur Barat, Jalur Timur dan Jalur South-Link.

Jalur Barat (Jalur Barat) menghubungkan Pingtung-Kaohsiung-Taichung-Taipei dan Keelung. Jalur Timur (Jalur Timur) berangkat dari Shulin melalui Taipei dan Hualien menuju Taitung. Jalur Selatan-Link Selatan (Jalur Selatan) menghubungkan Kaohsiung dan Taitung.

3. Sistem Angkutan Cepat (MRT)

Di Taiwan Selain itu, ada banyak perusahaan yang dapat menggunakan moda transportasi ini jika ingin keluar dari kota satu ke kota lain. Jika Anda berada di Kaohsiung atau Taipei, tersedia pilihan untuk menggunakan MRT. Jadwal kereta dapat dilakukan dengan mudah di stasiun, bandara atau toko 7-Eleven.

Kereta rapid transit MRT (rapid-transit train) yang beroperasi di dua kota tersebut. Sistem transportasi pada daerah yang lebih luas, dengan 89 stasiun, yang banyak adalah stasiun bawah tanah. MRT dapat mencukupi kebutuhan transportasi bagi masyarakat Taiwan. Semua fasilitas peta, rambu, dan mesin penjualan tiket tersedia dalam Bahasa Cina dan Inggris. Anda tidak perlu khawatir dengan menggunakan bahasa. Tiket parkir ini bentuk token plastik yang dapat digunakan kembali. Saya pun coba menaiki moda ini dengan ongkos 50 NTD (sekitar Rp 50 ribu) untuk satu tiketnya. Kereta di stasiun ini beroperasi pada pukul 06.00-24.00 waktu lokal setiap hari.

Di stasiun bandara Taoyuan pun sudah ada MRT. Kereta di stasiun ini beroperasi pada pukul 06.00-11.00 waktu lokal setiap hari.

Jika Anda merencanakan untuk tinggal sementara di wilayah Taipei, disarankan untuk memiliki EasyCard yang menyimpan sejumlah kredit untuk ongkos angkutan umum. Kartu ini dapat digunakan untuk bis dan taksi, juga cepat-transit.

4.

Selain kereta, bus juga merupakan sarana transportasi yang banyak. Ada bus yang melayani antar kota dan provinsi serta bus dalam kota. Armada bus yang melayani jarak jauh melewati kota besar seperti Taipei, Taichung, dan Kaohsiung.

Di Taiwan ada beberapa jenis bus. Mulai dari masa bus antar kota, bus dalam kota, hingga bus wisata, bus double decker, dan shuttle bus pariwisata.

Bepergian dari Taipei ke Taichung bisa menggunakan Dragon Bus, U-Bus atau bus yang lainnya. Perjalanan dari Taichung menuju Kaohsiung dapat ditempuh dengan Bus Taichung. Selain itu, disediakan juga Taiwan Tour Bus dan Taiwan Tourist Shuttle Bus.

Bus menjadi pilihan transportasi yang masih cukup nyaman dan ekonomis. Beberapa rute bus kota / antar kota beroperasi 24 jam / hari. Ada beberapa terminal bus kota, terminal di Taipei, Kaohsiung, Taichung, dan Tainan.
Bagi Anda yang berada di bandara, dapat menggunakan Highway Bus dari Taipei Songshan Airport Bus Station atau Terminal Bus Taiwan Taoyuan International Airport.

Demi keamanan dan keamanan, pastikan untuk menaiki bus dari perusahan yang teregistrasi. Jika menggunakan bus biasa saat libur tahun baru, ajukan untuk memesan tiket sebelumnya.Atau pilih jenis lain untuk menghindari kepadatan.

a) Bus Wisata

Bus wisata reguler rutin sesuai jadwal dengan 21 rute yang terlupakan Taiwan. Anda dapat berangkat dari hotel, bandara, dan stasiun. Bus wisata masih nyaman dan praktis karena dapat mengantarkan Anda ke stasiun kereta di sekitar lokasi wisata. Anda juga dapat lebih banyak dari penduduk Taiwan, bersama dengan pemandu, sopir, dan warga Taiwan lainnya selama perjalanan. Untuk layanan bus wisata, diperlukan pemesanan sebelumnya karena terkait dengan tempat penjemputan, rute, dan jadwal yang disesuaikan.

b) Bus Double Decker

Pilihan lain adalah Taipei Double Decker Hop-on Hop-Off Bus. Keberangkatan dan kepulangannya adalah di Stasiun Utama Taipei, Pintu Keluar M4. Pengiriman pukul 09.00-16.20 untuk jalur bus biru dan 22.00 untuk jalur bus merah dengan interval 30-40 menit. Durasi wisata kota yang dimaksud adalah 100-130 menit. Kedua rute bus double decker memiliki tempat wisata berbeda untuk dilewati. Bus wisata ini memberlakukan hari-pass dan Anda dapat memesan e-tiket untuk produk tersebut.

c) Layanan Shuttle

Taiwan Tourist Shuttle Bus dapat mengantarkan turis ke hampir semua daerah wisata di Taiwan. Jenis transportasi wisata ini memiliki jangkauan rute lebih luas, dengan total sekitar 40 rute. Beberapa rute paling diminati yaitu Yehliu Geopark, Jiufen, Nanzhuang, Sun Moon Lake, Alishan, dan Hengchun. Layanan ini berbasis eco-friendly, selain berwisata Anda pun dapat mendukung perlindungan alam. Jadwal dan tempat keberangkatan shuttle ini berbeda-beda sesuai paket dan rute yang diambil.

5. Taksi

Jika sulit mendapatkan bus atau kereta pada waktu tertentu, maka pilihan lain adalah taksi. Namun, tarif pada siang dan malam hari di Taipei dapat berbeda, ditambah lagi dengan banyaknya barang bawaan. Meskipun keduanya menggunakan meteran. Bahkan tarif di beberapa kota lain dapat berbeda sesuai aturan setempat.

Penggunaan taksi jarak jauh tidak menggunakan mesin meteran, sehingga Anda dapat menawar harga sesuai jarak. Jika mendapat harga yang tidak masuk akal, Anda dapat membuat aduan ke nomor-nomor tertentu sesuai area masing-masing. Sayangnya, mayoritas sopir taksi Taiwan tidak dapat berbahasa Inggris.

Pastikan Anda memiliki informasi atau salinan alamat tujuan dalam bahasa Cina. Namun keuntungan menggunakan taksi adalah biayanya dapat dibagi dengan teman Anda.

6. Sepeda Motor (Scooter)

Jika dapat menyewa motor, Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang tak terjangkau secara langsung oleh kendaraan umum. Penyewaan sepeda motor biasanya terdapat di bagian luar stasiun MRT. Alternatif lain, hubungi perusahaan penyewaan sepeda motor untuk melakukan pemesanan lalu cukup ambil kendaraan tersebut di pos-pos yang telah ditentukan.

Penyedia sepeda motor biasanya memiliki paket minimal hari yang bisa diambil oleh pelanggan dengan harga terjangkau. Dengan kefleksibilitasan tinggi, menyewa motor dapat menjadi pilihan yang cukup bagus. Namun, itu berarti Anda harus bersiap dengan segala kendala. Misalkan, membawa mantol untuk mengantisipasi hujan atau menyiapkan peta atau bertanya pada warga ketika tersesat. Yang terpenting, pastikan kendaraan yang disewa dalam keadaan baik dan memiliki surat-surat lengkap. Jika Anda menyewanya sendiri, biasanya Anda akan diminta untuk menunjukkan surat izin mengemudi internasional dan passport.

7. Sepeda

Taiwan merupakan salah satu negara dengan kebiasaan bersepeda, baik untuk transportasi jarak dekat maupun olahraga. Fasilitas, sarana, dan prasarana bersepeda di Taiwan begitu nyaman dan menyenangkan sehingga dapat dijadikan bentuk paket wisata. Dengan keberadaannya sebagai alternatif transportasi di Taiwan, turis asing pun dapat ikut menyewa U-Bike/ You-Bike yang tersedia di kota-kota di Taiwan.

Penyewaan sepeda umum ini sangat murah, bahkan gratis untuk pemakaian di bawah 30 menit. Anda dapat menggunakan EasyCard untuk menyewanya.

Sebelumnya, kita harus mendaftar secara online di mesin pendaftaran yang ada di stasiun penyewaan U-Bike menggunakan nomor ponsel Taiwan. Bagi penggemar olahraga bersepeda di pegunungan, Taiwan pun menjadi tempat yang cocok. Anda dapat membawa serta sepeda gunung Anda saat menaiki MRT dengan ketentuan, cara, dan harga khusus.(A/R01/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

*Tulisan ini merupakan bagian dari laporan khusus dari Rana Setiawan, Jurnalis Kantor Berita MINA, yang tergabung bersama 40 tokoh pemuda Islam dari 4 negara ASEAN (Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) mengikuti 2018 Taiwan Muslim Youth Exchange Camp for Southeast Asian Countries pada 22-28 Juli 2018, dengan mengunjungi daerah-daerah komunitas Muslim terbesar di sana, seperti Kota Taipei dan Kaohsiung.