Mogok Makan, Mantan Tahanan Guantanamo Dibawa ke RS Uruguay

Montevideo, 4 Dzulhijjah 1437/6 September 2016 (MINA) – Seorang mantan narapidana penjara Guantanamo yang dipindahkan ke , dirawat di rumah sakit pada Senin (5/9) karena menderita efek dari aksi mogok makannya yang berkepanjangan.

Jihad Diyab, warga Suriah 45 tahun, telah melakukan sebagai cara protes kepada pemerintah Uruguay agar dirinya dipertemukan kepada keluarganya di Turki.

“Kondisinya sangat buruk, tekanan darahnya sangat tinggi, denyut nadinya lemah, ia menderita banyak rasa sakit. Dia sangat kurus dan sangat dehidrasi,” kata sumber yang meminta status anonim, demikian Alaraby.co.uk memberitakan yang dikutip MINA.

Diyab telah berulang kali bentrok dengan pihak berwenang di Uruguay sejak ia direlokasi sebagai pengungsi hampir dua tahun lalu bersama lima mantan tahanan Guantanamo lainnya.

Keenamnya memiliki perselisihan dengan pemerintah Uruguay dalam hal perumahan dan tunjangan hidup.

Diyab sendiri pernah mengatakan, pemerintah Uruguay tidak melakukan upaya yang cukup untuk kembali menyatukan dia dengan keluarganya.

Diyab pernah menyebabkan kepanikan pada bulan Juni ketika ia menghilang menghindari pengawasan perbatasan dan menyelinap ke Venezuela.

Kemudian dia muncul di konsulat Uruguay di Caracas pada bulan Juli, meminta untuk dibawa kepada keluarganya di Turki. Dia lalu ditangkap dan ditahan sebelum dideportasi kembali ke Uruguay pada 30 Agustus.

Diyab sebelumnya mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa ia telah mogok makan selama 20 hari, dimulai ketika ia dipenjara di Venezuela dan telah tidak minum cairan selama tiga hari.

Para pejabat Uruguay mengatakan, pemerintah Turki telah menolak mengizinkan Diyab masuk dan mereka sedang mencoba untuk mengatur agar keluarga Diyab mau pindah ke Uruguay.

Namun Diyab mengatakan, ia tidak akan bisa membantu keluarganya jika di Uruguay dan meminta relokasi kembali ke tempat lain. (T/P001/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)               

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.