Mohamed Salah Pecahkan Rekor Liga Primer Inggris

Bintang Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah (Mo Salah) telah memecahkan rekor untuk pencetak gol terbanyak dalam 38 pertandingan musim ini dengan mencetak 32 gol.

Pemain yang dijuluki “The Pharaoh” ini mencetak gol ke-32 saat bermain dalam pertandingan ke-36  melawan Brighton pada Ahad (13/5) sore. Dalam pertandingan itu, ia memecahkan rekor yang dibuat oleh Alan Shearer pada 1995-96 dengan 31 gol, Cristiano Ronaldo pada 2007-08 dan Luis Suarez pada 2013-14.

Andy Cole dan Shearer masing-masing mencetak 34 gol, masing-masing pada 1993-94 dan 1994-95, ketika musim Liga Primer berjumlah 42 pertandingan, sebelum pengurangan menjadi 38 pertandingan per musim.

Sebelumnya musim ini, Salah mematahkan rekor Didier Drogba sebagai pencetak gol terbanyak asal Benua Afrika dalam sejarah Liga Primer Inggris, serta sudah dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak orang Arab yang pernah bermain di Inggris.

Dengan gol terbaru ini, Salah mengakhiri prestasi Harry Kane sebagai top skorer Liga Inggris selama dua musim berturut-turut. Kane sebelumnya berharap bisa menjadi pemain kedua, setelah Alan Shearer, yang memenangkan “sepatu emas” tiga musim berturut-turut, tetapi seorang striker muda dari Nagrig, Mesir, merusak mimpinya.

Salah kembali ke sepak bola Inggris musim panas lalu dalam sebuah kesepakatan senilai sekitar £ 37 juta ($ 50 juta). Setahun sebelumnya, ia telah dijual oleh Chelsea setelah menjalani 19 pertandingan dan dua masa pinjaman yang sukses kepada Fiorentina dan Roma.

Pada saat kedatangannya ke Liverpool, banyak komentator mengecamnya “tidak siap untuk Liga Premier”, atau “terlalu mahal untuk bukan pemain kelas atas”. Penilaian-penilaian itu mengacu pada penandatanganan “kesepakatan besar” yang dibuat oleh Liverpool.

Mohamed Salah terpilih sebagai Pemain PFA Tahun Ini. (Foto: PA)

Namun kemudian Salah membuktikan bahwa semua kritikan terhadapnya salah. Ia memenangkan beberapa penghargaan individu dan membantu Liverpool untuk lolos ke final Liga Champions untuk pertama kalinya setelah lebih dari satu dekade.

Beberapa prestasi individunya berbicara sendiri, karena Salah pernah dinobatkan:

– Pemain Liverpool Bulan Ini (tujuh kali)
– Pemain Liga Primer Bulan Ini (tiga kali)
– Pemain Asosiasi Pemain Bulan Ini (empat kali)
– Pemain Terbaik Liga Champions Pekan Ini (tiga kali)
– Pemain dari Pemain Terbaik Tahun Ini
– Pemain dari Pemain Sepak Bola Terbaik Tahun Ini
– Pemain Terbaik Liverpool Tahun Ini
– Pemain dari Pemain Terbaik Liverpool Tahun Ini
– Pemain Arab tahun ini
– Pemain CAF Tahun Ini
– Dipilih untuk Tim CAF Tahun Ini
– Pemain Afrika Tahun Ini versi BBC
– Top Skor Liga Premier
– Pemain Liga Premier Musim Ini

 

Secara keseluruhan, Mesir meledak ke panggung dunia musim ini dengan 59 gol. Ini menempatkan Salah di sana bersama nama-nama terbesar di dunia sepakbola, seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Pemain asal Mesir itu kini memiliki 45 gol di semua kompetisi musim ini, hanya kurang dari rekor sepanjang masa Ian Rush dengan 47 gol, meskipun Rush bermain dalam 65 pertandingan di musim 1983-84.

Salah memiliki satu pertandingan tersisa untuk mencoba dan memecahkan rekor Rush di musim yang memukau ini, yaitu di Final Liga Champions di Kiev, Rusia, pada 26 Mei.

Bisakah Magician of the Nile menetapkan tolok ukur lain untuk Liverpool dalam apa yang mungkin menjadi pertandingan terbesarnya? (AT/RI-1/P1)

Sumber: Tulisan Uri Levy di The New Arab. Uri Levy menjalankan blog sepakbola populer BabaGol, yang mencakup sepak bola dan politik yang berfokus pada Timur Tengah.

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0