Mohamed Salah Pemain Sepakbola Terbaik Afrika 2017

(Pulse)

Accra, MINA  – Mohamed Salah Ghaly (25), gelandang sayap asal Mesir, dinobatkan sebagai Pemain Sepakbola Terbaik Afrika tahun 2017.

Salah meraih kehormatan pada upacara penghargaan Konfederasi Sepak Bola Afrika Awards di Accra ibukota Ghana, Kamis malam (4/1)

Pemain muda sensasional itu mengalahkan rekan setimnya asal Senegal, Sadio Mane, dan striker Gabon asal Jerman, Pierre-Emerick Aubameyang. Kantor Berita MINA melaporkan dari sumber Yenisafak.

Dia menunjukkan prestasi hebat sepanjang tahun 2017, dengan mencetak 10 gol untuk mantan timnya AS Roma Italia antara Januari dan Mei.
Raihan golnya terus berkembang dengan mencetak 24 gol untuk timnya saat ini Liverpool, Inggris, pada musim panas.

Salah juga memainkan peran penting dalam kesuksesan negaranya, Mesir, dengan mencetak gol kemenangan melawan Kongo pada injury time menit ke-94, untuk memastikan penampilan pertama di Piala Dunia, sejak 1990.

“Saya memiliki tanggung jawab untuk menjadi warga negara saya, dan saya hadir untuk menerima penghargaan ini, penting bagi klub juga,” kata Salah dalam pernyataannya seusai meraih penghargaan.

Ia menggambarkan kemenangannya sebagai “hadiah besar bagi rakyat Mesir, yang mampu menghasilkan pemain hebat dan memenangkan penghargaan penting”, seperti dikutip Guardian.

Penghargaan Pemain Terbaik Afrika telah diberikan kepada banyak pemain sukses dalam sejarahnya. Di antaranya Samuel Eto’o asal kamerun yang pernah bermain di Real Madrid, Barcelona, Intermilan dan Chelsea.

Ada juga Yaya Toure, yang pernah bermain di Barcelona dan Manchester City.

Mohamed Salah memiliki seorang isteri, Wagi, yang dikenal setia berhijab mendampingi sang bintang lapangan hijau.

Sejak menikah tahun 2013 di negaranya, Mesir, ia senantiasa berpakaian menutup auratnya. (T/RS2/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.