MTSN PAMULANG KEMBALI BERJAYA DALAM KOMPETISI ROBOT NASIONAL 2015

Foto : Kemenag
Foto : Kemenag

Jakarta, 29 Muharram 1436/11 November 2015 (MINA) – Tim robotik kembali berjaya pada   Kompetisi Nasional (KRON) 2015 yang diselenggarakan pada 8 November 2015 di Pusat Peragaan IPTEK (PP-IPTEK) Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Acara ini diselenggarakan oleh Pusat Peragaan IPTEK (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti)  dengan Robotic Organizing Commite Indonesia (ROCI).

“KRON 2015 merupakan kompetisi robot berbagai model tingkat nasional untuk siswa TK, SD, SMP, dan SMA,” kata Imam Sucipto, guru pendamping dari MTsN Pamulang. Sebagaimana siaran pers resmi Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sucipto mengatakan, kompetisi bertujuan untuk mengasah kemampuan siswa-siswa dalam menghasilkan karya, khususnya di bidang Teknologi dan Robotik, juga bertujuan untuk melatih siswa dalam berpikir dengan logika.

“Pada event kali ini,  kategori  Lomba  yang dikompetisikan  untuk tingkat SMP/MTs dan SMA adalah  Line Tracer, Robot Soccer, Super Maze Solving (pemadam api), Robot Creative, Underwater  Robot,  Steam Mission, Robot Theater, Aerial Robot, dan Brick Speed,” ungkap Imam, Jakarta, Selasa (11/11).

Kontes Robot Nasional 2015 kali ini diikuti tak kurang dari 600 peserta yang datang dari berbagai kota di Indonesia.

“Alhamdulillah, MTsN Pamulang berhasil meraih prestasi yang luar biasa pada ketegori Extreme Maze Solving (Robot pemadam api) karena berhasil menyabet juara 1, 2, 3 dan harapan 1,” jelas Imam Sucipto.

Selain itu, lanjut Imam, tim robotic MTsN Pamulang juga berhasil meraih juara 1 (Gold Price) untuk kategori Under Water Robot. Tim MTsN juga berhasil memperoleh juara 2 (Silver Medal) Kategori Aerial Robot, Harapan  3 (Special Award) Kategori Line Tracer, dan  Harapan 3 (special Award) Robot Kreatif.

“Keberhasilan tim robotic MTsN Pamulang dalam kontes robot berkaliber nasional 2015, tidak lepas dari disiplin dalam berlatih dan daya juang yang tinggi dalam berkompetisi,” kata Imam.

Pada saat yang sama juga diadakan seminar mengenai Robotika oleh President ROCI Indonesia Dr. Riza Muhida, MSEE,  yang juga Direktur Research Robotika serta  Chairman Centre Research Intellegent Machine (CRIM) Surya Institute Jakarta. (T/P010/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0