Muamalat Beri Bantuan Pondok Pesantren di Padang

Padang, 14 Muharram 1438/15 Oktober 2016 (MINA) – Bank Indonesia memberikan bantuan berupa pemberian dana serta sarana dan prasarana ke Pondok Pesantren Darul Islam Darul Ulum, Jumat (14/10) di , Sumatera Barat.

“Pemberian bantuan pendidikan ini sebagai salah satu wujud komitmen Bank Muamalat untuk berpartisipasi dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.” Kata Endy Abdurrahman, Direktur Utama Bank Muamalat dalam sambutannya.

Endy mengungkapkan bahwa berdasarkan data statistik pendidikan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Desember 2014 lalu bahwa sebanyak 310.740 ruang kelas di semua jenjang pendidikan di Indonesia dikategorikan rusak.

Pemberian dana bantuan ini, kata Endy, sebagai bagian dari kegiatan sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Muamalat sekaligus sebagai rangkaian memperingati Tahun Baru Muharram 1438 H, dengan konsep “Sekolah Prestasi Muamalat”.

“Sudah menjadi komitmen kami Bank Muamalat untuk terus aktif sebagai bagian masyarakat korporasi yang bertanggung jawab dalam membantu komunitas dan masyarakat yang ada di sekitar kita,” ujar dia.

Lebih lanjut, Endy percaya bahwa pendidikan merupakan fondasi dalam membangun kesuksesan pembangunan bangsa. Berpijak dari sana, Bank Muamalat tahun ini berfokus pada pendidikan dengan memberikan bantuan pendidikan untuk anak-anak berprestasi dari kalangan pra sejahtera.

“Kami berharap dengan program pendidikan ini dapat mencetak bankir syariah di masa depan, sehingga dapat mondorong tumbuhnya perekonomian syariah,” harapnya.

Endy menambahkan, pemberian bantuan pendidikan ini diharapkan dapat meningkatkan kesempatan masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas, sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, berprestasi dan berakhlak di Indonesia, khususnya kota Padang.

Program “Sekolah Prestasi Muamalat” ini pun mendapat sambutan baik dari pihak Pondok Pesantren Darul Islam Darul Ulum, Padang.

“Kami sangat berterimakasih untuk apa yang dilakukan Bank Muamalat kepada para santri kami. Dana bantuan pendidikan ini akan menjadi penyemangat mereka untuk menempuh dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” ujar Ketua Pesantren Pondok Darul Islam Darul Ulum, Buya Tgk. H Darmis Muar.

Selain memberikan dana bantuan pendidikan, program “Sekolah Prestasi Muamalat” juga memberikan bantuan berupa perbaikan fasilitas pendidikan. Seluruh karyawan Bank Muamalat Cabang Padang turut berpartisipasi dan menjadi relawan untuk merenovasi beberapa kelas yang ada di Pondok Pesantren Darul Islam Darul Ulum, Padang.

Program beasiswa dan santunan pendidikan menjadi salah satu fokus Bank Muamalat dalam menjalankan program CSR.

Sepanjang tahun 2016, Bank Muamalat melalui Baitulmaal Muamalat (BMM) telah menyalurkan bantuan dana pendidikan kepada ribuan siswa/i, serta program beasiswa seperti B-Smart, B-Best yang ditujukan untuk anak-anak dari keluarga pra-sejahtera. (L/P011/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)