Muhammadiyah Gelar Pelatihan Astronomi Islam Internasional

(Ilustrasi: Istimewa)

Jakarta, MINA – Observatorium Universitas Sumatera Utara (OIF UMSU) menyelenggarakan Program Pelatihan Astronomi Islam Internasional yang dilaksanakan secara online.

Seperti dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, Rabu (18/1), pelatihan tersebut bertujuan untuk mengembangkan astronomi Islam, terutama di kawasan Indonesia dan Malaysia.

Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta dari Universiti Sains Malaysia, Centre for Islamic Development Management Studies (ISDEV), Jabatan Mufti Negeri Pulau Pinang (JMNPP), Kementerian Pelajaran Malaysia, dan IAIN Lhoksemawe, .

Muhammad Arifin selaku Wakil Rektor I UMSU yang mewakili Rektor UMSU dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan International Islamic Astronomy Training Program ini akan dibuat beberapa sesi. Sesi pertama disampaikan oleh narasumber dari OIF UMSU dan sesi kedua akan disampaikan oleh narasumber dari Malaysia.

Alhamdulillah, saat ini UMSU sudah memilki prodi Ilmu Falak, ini bisa dimanfaatkan agar prodi Ilmu Falak ini bisa dibanjiri oleh penggiat-penggiat Ilmu Falak yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya Muslim. Karena banyak kegiatan-kegiatan Ilmu Falak yang sangat bermanfaat. Kita mengharapkan masyarakat dapat berpartisipasi untuk mengikuti pendidikan Ilmu Falak di UMSU,” tambahnya

Pada sesi pertama kegiatan International Islamic Astronomy Training Program disampaikan oleh dua Tim Peneliti OIF UMSU yaitu M. Dimas Firdaus yang menyampaikan materi Astrophotography. Astrophotography adalah jenis fotografi yang melibatkan pengambilan gambar objek dan fenomena astronomi. Hal ini penting untuk memandang dan mengenali karakter benda-benda langit.

Selain Dimas, peneliti kedua ialah Hariyadi Putraga yang menyampaikan materi Falak Software. Materi ini membahas hal ihwal program komputer baik yang didisain khusus untuk melakukan perhitungan/hisab terhadap rumus-rumus falakiyah (hisab-rukyat), maupun software astronomi umum yang dapat dimanfaatkan untuk membantu perhitungan-perhitungan dalam ilmu falak khususnya posisi Bulan dan Matahari. (R/R5/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.