Muhammadiyah Imbau Silaturahmi Online Ditengah Pandemi

Jakarta, MINA – Ketua Pimpinan Pusat , Dadang Kahmad mengimbau khususnya kepada warga Muhammadiyah untuk tidak lebaran 2021 dan digantikan dengan silaturahmi online.

“Imbauan kepada warga Muhammadiyah untuk mengikuti saran pemerintah dan persyarikatan untuk tidak mudik dulu silaturahmi bisa dengan  online, walaupun dengan online tetap akan mendapat kebaikan,” katanya dalam keterangan yang diterima MINA, Jumat (9/4).

Ia mengatakan, sangat khawatir angka penularan covid-19 yang sudah menurun kembali naik apabila masyarakat diperbolehkan mudik.

Sementa itu, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti mendukung kebijakan yang dikeluarkan pemerintah terkait larangan mudik lebaran 2021 pada 6-17 Mei 2021 mendatang.

Menurutnya, larangan mudik tidak cukup hanya mengandalkan aparatur keamanan dan ancaman sanksi, karena mudik merupakan masalah kultural bukan tindakan kriminalitas yang harus dikedepankan edukasi bukan ancaman sanksi.

Ia menjelaskan, masalah budaya dan ekonomi jika dikaitkan dengan agama justru di dalam beragama khususnya Islam diajarkan keselamatan dan kesehatan diri dan masyarakat lebih diprioritaskan. (R/Rd/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)