MUI Salurkan Dana ZIS dan Wakaf Bagi Warga Tangerang

Jakarta, 29 Dzulqa’dah 1437/1 September 2016 (MINA) – Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (LPLH-SDA) menjalin kerjasama dengan koperasi syariah benteng mikro Indonesia (BMI) menyelenggarakan program sanitasi bersih bagi warga Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Ketua LPLH-SDA MUI Hayu Prabowo mengatakan pentingnya kebersihan yang merupakan sebagian dari iman sehingga ia pun menginisiasi program pemberian akses sanitasi yang baik bagi masyarakat. Pendanaan bagi sanitasi itu berasal dari dana zakat, infaq, sedekah dan wakaf ().

“Sebagai pilot project sebelum meluaskan program berskala nasional MUI menyasar warga di Desa Paseur dan juga menggandeng BMI lantaran koperasi pertama yang fokus di bidang sanitasi di Tangerang,” kata Prabowo dalam acara peletakan batu pertama program sanitasi warga di desa Cikupa, Tangerang, Kamis.

“Masalah kesehatan adalah masalah perilaku manusia itu sendiri. Pada titik inilah agama perlu tampil berperan lewat partisipasi tokoh agama,” tegasnya.

Dia juga menjelaskan pentingnya pembangunan sarana sanitasi adalah progam jangka panjang  kesehatan masyarakat Indonesia. Sehingga MUI ikut menjalankan pendekatan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) yang diusung pemerintah.

Sementara Direktorat Permukiman dan Perumahan Kementerian PPN/BAPPENAS Laisa Wahanudin mengatakan pemerintah telah menyadari pentingnya penyediaan akses air minum dan sanitasi.

“Sebagai pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat serta berdampak dalam mengurangi pengeluran pemerintah dalam upaya kuratif pembangunan kesehatan,” ujar Laisa.

Potensi kontribusi masyarakat inilah yang harus disambut baik oleh pemerintah dengan menciptakan berbagai inovasi termasuk dalam akses pendanaan.

Untuk disinergikan dengan berbagai program pemerintah yang berbasis masyarakat seperti Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas).

Acara tersebut dihadir pula oleh Direktorat Permukiman dan Perumahan Kementerian PPN/BAPPENAS, Laisa Wahanudin, Direktur Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, Imran Agus Nurali, Presiden Direktur Kopsyah BMI Kamaruddin Batubara, Chief Water Sanitation And Hygiene (WASH) UNICEF Aidan Cronin. (L/P002/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: kurnia

Editor: bahron

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.