MUI TEGASKAN DUKUNG PENUH KEMERDEKAAN PALESTINA

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin. (Foto: Rana/MINA)
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin. (Foto: Rana/MINA)

Jakarta, 16 Syawwal 1435/12 Agustus 2014 (MINA) – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin menegaskan komitmen lembaganya selalu mendukung penuh kemerdekaan .

“Kami sampaikan dukungan sejati bagi Palestina,” kata Din Syamsuddin dalam sambutannya pada acara Silaturahim dan Halal bi Halal MUI di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jaksel, Selasa malam.

Din juga menyampaikan, MUI terus aktif melaksanakan aksi solidaritas dan upaya membuka hubungan dengan rakyat Palestina melalui jalur pendidikan serta kebudayaan dalam program Prakarsa Persahabatan Indonesia-Palestina  (Indonesia Palestine Friendship Initiative).

Program yang sebelumnya sudah digagas 2007 lalu itu untuk menghimpun berbagai kalangan dari masyarakat Indonesia yang majemuk, bersifat lintas agama, afiliasi politik, profesi, dan siapa saja yang berminat, dengan misi utamanya melakukan berbagai cara untuk mendukung adanya kemerdekaan Palestina.

Ketua Prakarsa Persahabatan Indonesia-Palestina (PPIP) itu mengatakan, pihaknya juga merencanakan penggalangan dana yang akan disumbangkan ke Palestina. Dana tersebut sudah beberapa kali dikumpulkan, terutama ketika ada penyerangan ke wilayah itu.

Din menuturkan, sebelumnya, dirinya sebenarnya sudah merencanakan sebuah konser amal yang rencananya digelar15 Agustus 2014 diisi oleh delegasi seniman dan artis Palestina berkolaborasi dengan artis-artis Indonesia.

“Konser itu terpaksa ditunda karena sesuatu hal. Kami rencanakan pekan kedua Oktober saat perayaan Idul Adha 1435,” kata Din.

Dia juga mendorong rakyat Indonesia untuk menyumbangkan zakat dan infaq bagi  rakyat Palestina.

Sebelumnya, pimpinan MUI tersebut juga menyatakan dukungan penuh pada Rumah Sakit Indonesia yang didirikan di utara , Palestina, atas inisiatif lembaga kemanusiaan MER-C (Medical Emergency Rescue Committee).

Menurutnya berdirinya RS Indonesia merupakan salah satu bentuk solidaritas bangsa Indonesia terhadap penderitaan yang berkepanjangan rakyat Palestina akibat tindakan kejahatan zionis .

Dubes Palestina Fariz Mehdawi mengucapkan terima kasih kepada atas dukungan rakyat dan Pemerintah Indonesia ysng selama ini telah memberikan bantuan dan solidaritas penuh untuk Palestina.

Dalam sambutannya, situasi terkini di Palestina khususnya agresi Zionis ke Gaza membuatnya tak berhenti menerima SMS dan telepon dari seluruh bagian Indonesia yang menanyakan perkembangan yang terjadi di wilayah terblokade itu.

“Mulai dari Papua, Kalimantan, Samarinda, Aceh. Saya mengucapkan banyak terimakasih,” ujarnya dalam bahasa Inggris.

Ia menceritakan sejarah hubungan antara Indonesia dan Palestina, bahwa Palestina menjadi  salah satu negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia di masa-masa awal.

“Saya mengucapkan selamata kepada Majelis Ulama Indonesia serta jajarannya. Ulama merupakan penerus risalah para nabi dan mewujudkan masyarakat Islam yang rahmatan lil ‘alamin,” kata Mehdawi. (L/P02/R1/IR)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0