MUI Tetapkan KH Muhyiddin Junaidi Wakil Ketua Umum

Jakarta, MINA -Dewan Pimpinan Majelis Indonesia () pada rapat paripurna, Selasa (4/2), secara resmi menetapkan KH Muhyiddin Junaidi sebagai . Kiai Muhyiddin diangkat karena posisi ini kosong setelah ditinggal almarhum Prof Yunahar Ilyas.

Penggantian Antar Waktu (PAW) di lingkungan MUI dilakukan karena tiga sebab, yaitu ada salah satu pengurus yang meninggal dunia, atas permintaan sendiri, atau diberhentikan berdasarkan keputusan Dewan Pimpinan MUI Pusat.

“Mekanisme itulah yang ditempuh dan dikonsultasikan dengan Ketua Umum MUI. Beliau sudah memahami karena ini amanat yang harus segera dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) MUI,” katanya di Gedung MUI Pusat, Jakarta usai rapat paripurna.

“Selama kepengurusan masa jabatan MUI periode 2015-2020, sudah dua wakil ketua umum meninggalkan kita, yang pertama KH. Slamet Effendy Yusuf, yang kedua adalah Buya Yunahar Ilyas.

Buya Muhyiddin Junaidi adalah salah satu ketua di jajaran Dewan Pimpinan MUI yang membidangi luar negeri. Ia sudah lama berkecimpung di MUI, sehingga memahami organisasi tersebut.

Usai dilantik secara resmi sebagai Wakil Ketua Umum MUI, Kiai Muhyiddin berhadap terpilihnya dirinya sebagai wakil ketua umum akan berperan lebih maksimal sampai tingkat global. “Insyaallah majelis ulama ke depan akan berperan lebih maksimal, bukan hanya bermain di tataran lokal, tetapi akana bermain di taran regional dan global,” katanya. (R/R9/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.