Musabaqah Hafalan Al-Quran dan Hadist ke-12 digelar di Jakarta

 

, MINA – Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadist () Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su’ud Rahimahullah Tingkat Nasional ke-12 kembali digelar tahun ini, Hotel Balairung, Jakarta, Senin (3/2) malam.

MHQH 2020M/1441 H ini dibuka oleh Duta Besar Arab Saudi Essam bin Abed Al-Thaqafi dan ditandai dengan mendengarkan lagu kebangsaan Saudi Arabia dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh sengenap peserta, demikian Kemenag melaporkan yang dikutip MINA.

MHQH akan berlangsung dari tanggal 3-6 Februari 2020. Ada empat kategori lomba hafalan Al-Qur’an, yaitu: 10 juz, 15 juz, 20 juz, dan 30 juz, serta satu kategori hafalan hadits yakni Kitab Umdatul Ahkam. Atase Agama Kedubes Saudi menyiapkan hadiah bagi para juara mulai SAR5.000 hingga SAR16.000.

Helat tahunan MHQH merupakan gelaran kerjasama Kantor Atase Agama Kedutaan Besar Saudi Arabia di Jakarta dan Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama.

Mewakili Menag Fachrul Razi, Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin mengatakan, atas nama pemerintah Indonesia, menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada pemerintah Arab Saudi yang telah mensuport kegiatan MHQH.

“Gelaran MHQH setiap tahunnya selalu mendapat sambutan yang luar biasa oleh masyarakat Indonesia,” kata Muhammadiyah Amin di lokasi acara dengan mengunakan kursi roda.

“Para peserta juga antusias mengikuti ajang tahunan MHQH. Ini membuktikan kerjasama Indonesia dengan Arab Saudi dalam program Hafalan Alquran dan Hadist terus membaik dari tahun ke tahun,” sambungnya.

Menurut Muhammadiyah Amin, helat MHQH merupakan upaya untuk mendorong dan mengembangkan minta genarasi muda di tanah air dalam hafalan Alquran dan Hadist.

“Harapan kami gelaran ini tetap berlangsung selamanya dan kami yakin pemerintah kerajaan Arab Saudi akan berkenan,” ujarnya.

Sebanyak166 peserta putra bakal beradu bakat dalam ajang MHQH tahun ini. Sementara 104 peserta putri akan berlomba di Hotel Rivoli Jakarta.

“Insya Allah MHQH ke 12 akan ditutup oleh Menag Fachrul Razi pada 6 Februari nanti,” ucapnya. (R/R8/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)