Museum Peradaban Islam di Masjid Terbesar Turki Akan Diresmikan Jumat

Masjid Grand Camlica di Istanbul (Burak Kara/Getty Images)

Istanbul, MINA – Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Jumat (8/4) akan meresmikan baru di Komplek , Grand Camlica, Istanbul.

Museum tersebut dibangun di area tertutup seluas 10.000 meter persegi (107.639 kaki persegi), berisi karya-karya yang dipilih dari koleksi Istana Topkapi dan Museum Koleksi Istana, Museum Seni Turki dan Islam, Istanbul Museum Arkeologi, Museum Makam Istanbul, dan Museum Yayasan, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Museum ini menampilkan artefak unik yang melacak 1.200 tahun sejarah Islam, banyak di antaranya belum pernah dipamerkan sebelumnya.

Menampilkan hampir 800 karya yang mencerminkan perkembangan seni Islam dari abad ketujuh hingga ke-19, Museum ini mencakup 15 bagian tematik seperti seni tenun Turki, karya-karya yang dikaitkan dengan Nabi Muhammad dan elemen arsitektur dan dekoratif dalam seni Islam.

Pengunjung Museum akan memiliki kesempatan untuk melihat lebih banyak karya seperti jejak kaki perwakilan Nabi Muhammad SAW, tirai Ka’bah suci Mekah, kaftan sultan, buku catatan masa kecil Sultan Mehmet Sang Penakluk dan koin era Ottoman.

Kaca pemblokir UV khusus dengan pantulan rendah dan transparansi tinggi digunakan untuk menampung beberapa pajangan museum yang paling rapuh. Showcase dirancang untuk mencegah udara dan debu asing, dan AC digunakan untuk menjaga suhu yang sesuai.

Perlengkapan pencahayaan dirancang untuk fokus pada jarak yang diinginkan dan menyoroti karya-karya terpisah dalam etalasenya. Sensor khusus menghasilkan alarm pada setiap tanda benturan, pembukaan atau kerusakan yang tidak sah. Museum ini juga dilindungi oleh 130 kamera keamanan dan dua kamera pengenal wajah.(T/R5/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.