MUSLIM AKTIF DALAM KEGIATAN SOSIAL DI EROPA DAN AS

Suasana pembukaan Konvensi Tahunan ISNA di Chicago. (Foto: ISNA press)
Suasana pembukaan Konvensi Tahunan ISNA di . (Foto: ISNA press)

Chicago, 22 Dzulqa’dah 1436/6 September 2015 (MINA) – Sesi Pembukaan Konvensi Tahunan Masyarakat Muslim Utara ISNA (The Islamic Society of North America) ke-52 di Chicago, AS, menyebutkan bagaimana aktivitas sosial Muslim di dapat mengubah pandangan seseorang tentang Islam.

“Hal itu karena komunitas Muslim di Eropa terlibat langsung dalam kegiatan sosial dan gerakan-gerakan seperti gerakan buruh,” kata Ameena Jandali, salah satu pendiri Islamic Networks Group (ING), sebuah jaringan komunitas masyarakat Muslim di Amerika, demikian Onislam Ahad (6/9), dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Salah satu yang menjadi perhatian khusus adalah anggota Kongres Keith Ellison yang mengingatkan para peserta Konvensi Tahunan ISNA bahwa Muslim telah menjadi bagian dari gerakan buruh di Eropa dan Amerika.

“Kami sudah menjadi bagian dari gerakan buruh,” kata Jandali.

Sementara di lain fihak, Maimuna Syed, yang memiliki lebih dari delapan tahun pengalaman dalam gerakan buruh, mengingatkan bahwa gerakan buruh adalah sebuah kelompok yang selalu melakukan aktivitas sosial di Eropa dan Amerika.

“Keanggotaan kami semakin beragam,” kata Maimuna Syed. Menurutnya, gerakan buruh adalah organisasi hak-hak sipil terbesar di Amerika.

Pembukaan Konvensi Tahunan ISNA pada sesi pleno menyimpulkan, presentasi inspiratif yang dibawakan oleh para sarjana Muslim Amerika, Suhaib Webb, Omar Suleiman, Yasir Qadhi, Nouman Ali Khan tentang cerita ke-Islaman dapat memberikan pelajaran bagi non Muslim yang ingin mengerti tentang Islam.

Sebuah Film Festival Islam, pameran Seni dan Fotografi, Kompetisi Nasional Qira’at dan Fashion Show perempuan mewarnai Konvensi Tahunan yang sedianya akan berlangsung selama 4 hari. Pada pembukaan Sabtu (5/9) kemarin, banyak orang yang mengunjungi bazaar yang menampilkan 500 vendor.

Konvensi Tahunan ISNA bekerjasama dengan Asosiasi Islam Medis Amerika Utara (IMANA), Asosiasi Muslim ilmuwan, insinyur dan Teknologi Profesional (AMSET), Asosiasi Muslim Mahasiswa (MSA) dan Pemuda Muslim Amerika Utara (MYNA). Sementara ISNA adalah organisasi yang terbesar di Amerika Utara.

Selama bertahun-tahun, Konvensi Tahunan ISNA selalu meningkat dan secara konsisten menarik kerumunan hingga lebih dari 40.000 Muslim yang hadir setiap tahunnya. (T/P011/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0