MUSLIM EROPA TERTARIK PELAJARI ISLAM DI INDONESIA YANG HARGAI KEMAJEMUKAN

Foto: Kemenag
Foto:

Jakarta, 24 Jumadil Awwal 1436/15 Maret 2015 (MINA)- Perwakilan Organisasi Anti Rasis di (), Julie Pascoet, mengatakan, masyarakat , khususnya , tertarik untuk mempelajari Islam di Indonesia yang dikenal moderat, santun, modern namun tetap menghargai perbedaan dan kemajemukan.

Pernyataan tersebut disampaikan saat bertemu dengan Dirjen Pendidikan Islam, Amin di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Brussels, Belgia, demikian keterangan pers Kementerian Agama yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad.

Pascoet yang ditemani Laurie Hastir dari Collective Against Islamophobia in Belgium (CAIB) menjelaskan banyak hal mengapa Muslim Eropa merindukan model penerapan Islam seperti di Indonesia. Salah satunya karena Muslim Eropa masih mengalami diskriminasi dan rasisme dalam banyak aspek.

“Kontra rasisme dan radikalisme serta diskriminasi masih menjadi the big issues in Moslem Europe”, kata wanita berjilbab keturunan Maroko itu.

Aktivis perempuan muslim itu sebelumnya pernah datang ke UIN Yogyakarta untuk menjelaskan problem masyarakat Muslim Eropa.

Ia membenarkan bahwa citizenship of moslem masih menjadi kendala bagi banyak warga negara muslim di Belgia. Kalangan muslim Belgia umumnya immigran dari Maroko, Turki, dan negara-negara Islam lain.

“Kondisi anak-anak muda Muslim Eropa tak kalah problematik”, kata Laurie Hastir menimpali pernyataan Pascoet.

Hastir yang sehari-hari bergelut dengan persoalan islamopohobia melalui Collective Against Islamophobia in Belgium (CAIB) bercerita panjang lebar mengenai nasib keluarga muslim Eropa yang terasing dari komunitasnya di mana dia tinggal dan orang tuanya hidup.

“Di tengah-tengah saudara seagamanya di Eropa, banyak keluarga muslim Eropa terdiskriminasi baik dari sisi pendidikan, kesehatan, pekerjaan, pergaulan sosial, maupun akses terhadap kebijakan pemerintah. Itu karena islamophobia di kalangan masyarakat Eropa masih kuat”, ujar Hatsir.

Hatsir mengatakan, pihaknya ingin belajar bagaimana kaum muslim Indonesia menangani persoalan-persoalan warga masyarakatnya yang dianggap sangat berhasil itu. Salah satu isu yang menarik baginya adalah pendidikan Islam Indonesia.

Menanggapi keinginan tersebut, Dirjen Pendidikan Islam menyambut antusias dan menyatakan siap membantu muslim Belgia dalam mengadvokasi warga muslim agar terintegrasi dengan  komunitas Eropa yang lebih luas.

Kamaruddin juga menanyakan apakah anak-anak muda muslim Belgia mendapatkan pendidikan Islam yang memadai. “Pendidikan, hemat saya menjadi fundamental issues bagi muslim Eropa. Apakah mereka mendapatkan pengetahuan tentang Islam yang benar, Islam yang mengajarkan nilai-nilai kebajikan seperti toleransi, persamaan hak, gender equality, kasih sayang terhadap sesama, demokratis dan sebagainya. Itu bisa dimulai dari pendidikan Islam yang baik”, tegas Kamaruddin.

Ia menegaskan, pihaknya bersedia membantu kesulitan yang dialami oleh masyarakat muslim Eropa, tentu sesuai kewenangannya dalam bidang pendidikan Islam.

Di hadapan delegasi  ENAR dan , Kamaruddin menyebutkan bahwa tindakan kongkrit Indonesia memperkenalkan Islam ke Belgia adalah membuka Program S2 Kajian Islam dan Studi Agama di (KUL).

“Dosen yang akan kita kirim ke KUL bukan hanya mengajar studi Islam, tetapi mereka akan kami beri tugas tambahan, yakni meneliti dan mempromosikan Islam Indonesia ke kalangan masyarakat Eropa, muslim dan non muslim. Kementerian Agama berkepentingan mempromosikan pendidikan Islam Indonesia dan menjadi kiblat pendidikan Islam bagi dunia” kata Kamaruddin menegaskan.  (T/P010/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0