Muslim Irlandia Galang Dana untuk Bangun Masjid Baru

Bangunan tempat komunitas di Mullingar, , berencana membangun baru. (Foto: screenshot Westmeath Examiner)

Mullingar, Irlandia, 16 Rabiul Akhir 1428/15 Maret 2017 (MINA) – Komunitas Muslim di Mullingar, County Westmeath, Irlandia, berusaha mengumpukan dana 200.000 euro (Rp2,8 miliar) dalam empat pekan ke depan untuk mempersiapkan sebuah masjid dan pusat di kota itu.

Sebuah lokasi 12.500 kaki persegi di Lough Sheever Corporate Park telah dipilih sebagai tempat yang cocok untuk masjid baru. Bangunan ini memuat ruang terbuka yang luas, beberapa kamar kecil, dan dapur kecil.

Demikian Westmeath Examiner melaporkannya, Selasa (14/3) waktu setempat, yang dikutip MINA, Rabu (15/3).

Upaya penggalangan atau pengumpulan sumbangan dimulai pekan lalu, banding telah dimulai untuk sumbangan dan pinjaman untuk mendanai pembelian tempat, dan memoles bangunan untuk fungsi baru sebagai tempat ibadah.

Masjid yang saat ini ada di Mullingar memang terpiah dari rumah penduduk di Abbeylands. Namun menurut Dr Atiqa Rafiq dari Mullingar Islamic Cultural Society, lokasi itu tidak ideal.

“Letak masjid itu di tengah-tengah perumahan, dan jemaah yang datang ke sana semakin meningkat dan kami tidak ingin menimbulkan masalah pada lingkungan perumhan dengan mobil-mobil yang datang dan seterusnya,” kata Dr Rafiq.

Atas dasar pertimbangan kebutuhan, kenyamanan beribadah, dan untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan itu, pihaknya menilai masjid yang ada saat ini tidak cukup luas lagi untuk menampung jemaah.

“Bahkan masjid tersebut tidak memungkinkan untuk salat Jumat sehingga kami berkumpul di tempat sementara,” ujarnya, menjelaskan bahwa saat ini ada sekitar 100 jemaah yang menghadiri salat Jumat dan bisa 150 jemaah saat salat subuh.

Sebuah video sudah dipersiapan oleh panitia untuk keperluan penggalangan sumbangan atau  pinjaman.

“Donasi Anda akan memastikan semua Muslim bisa salat Jumat di masjid dan anak-anak dan remaja memiliki berbagai fasilitas di Islamic Centre,” kata penjelasan dalam video.

Masjid baru akan semakin mendekatkan pemuda Muslim dengan masjid dan teman-teman Muslim mereka.

“Tujuan dari membangun masjid ini untuk melindungi kaum muda kita dan para muallaf agar tidak jauh dari dien (agama).”

Populasi Muslim Mullingar dipercayai akan berkembang secara signifikan dalam beberapa bulan ke depan, dengan kedatangan sekitar 70 pengungsi dari Suriah, yang akan dimukimkan di Mullingar pada Mei. (T/R11/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.