Muslim Liberia Pilih Pemimpin Tertinggi Pertama Kalinya Sejak 1800-an

Monrovia, , 22 Syawwal 1437/26 Juli 2016 (MINA) – di Liberia untuk pertama kalinya sejak tahun 1800 memilih seorang ‘Pemimpin Tertinggi’, siapa yang akan menjadi orang yang paling kuat di komunitas Islam di negara itu.

Dalam pemilihan tersebut, Mantan Kepala Nasional Liberia, Alhaji Muhammad Abdullah Sheriff, terpilih sebagai pemimpin spiritual oleh lebih dari 150 imam dari Dewan Pimpinan Imam Nasional Liberia (Nicol), harian Liberia Observer melaporkannya.

Ulama Muslim saat ini di Maroko bertugas resmi. Imam Abubakar Massaquoi, yang baru terpilih wakil sekretaris jenderal dewan, mengatakan seleksi dilakukan melalui sebuah resolusi pada pertemuan luar biasa pada Jumat, 15 Juli bersamaan dengan 10 Syawwal 1437.

Imam Massaquoi membaca resolusi pada Senin kemarin di markas besar Dewan Muslim Nasional Liberia (NMCL), di Masjid Pusat, Benson Street.

“Pada Jumat, 15 Juli 2016 Sheriff akan menjabat sebagai ketua dewan yang mengatur dan kepala dewan fatwa dan karena itu akan menjadi Pemimpin Agung Nicol,” kata resolusi.

Dewan pemerintahan adalah tertinggi badan pembuat keputusan Dewan Imam dan Dewan Fatwa dikenal sebagai Komite Ahli Hukum Islam, yang dibebankan dengan tanggung jawab untuk memberikan putusan dan opini mengenai permasalahan Islam.

Resolusi itu juga menunjuk mantan Wakil Kepala Dewan Imam Nasional Sheikh Ali Tweh Krayee sebagai Kepala Dewan Imam Nasional dan Imam Muhammad A. Fahnbulleh sebagai Wakil Kepala Imam untuk urusan nasional. (T/R05/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)