MTQ DI KONGO YANG UMMAT ISLAM MINORITAS

Ilustrasi: Inet
Ilustrasi: Inet

Beni, Kongo, 6 Syawwal 1436 (MINA)/22 Juli 2015 (MINA) – Kongo Kismati Hassan, 23,  meraih juara pertama dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), yang digelar saat perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1436 Hijriyah, Jumat (17/7) di Sekolah Beni di Republik Demokratik Kongo (DRC) wilayah Kivu Utara, News Fulton melaporkan.

Sebagai pemenang, Kismati Hassan (23),  salah satu dari 78 peserta, akan mendapat hadiah  menunaikan ibadah haji ke tanah suci di Arab Saudi yang didanai Komunitas Islam Kongo (Comico).

“Saya senang telah memenangkan kontes karena perempuan seperti saya sering hanya mengurus keluarga mereka di rumah,” katanya kepada Anadolu Agency, sebagaimana dikutip IINA dan Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sementara Kurishidah Rashidi (41), yang meraih juara kedua, akan membawa pulang uang tunai sebesar 400 Dolar AS, dua karung beras, dan Al-Qur’an.

Pemenang ketiga menerima jilbab, tas, Al-Quran dan sejumlah kecil uang tunai.

Kompetisi tersebut tidak hanya dalam pembacaan Al-Quran, tetapi juga tentang  pengetahuan dasar mengenai hukum Islam.

“Hadiah ini dimaksudkan untuk menghargai para pelajar yang baik tentang Al-Qur’an meskipun kesulitan pada wanita ini harus bersaing,” kata perwakilan Comico Imam Sheikh Al-haji Ali Amin.

“Beberapa dari mereka sudah menikah dan memiliki banyak tanggung jawab rumah tangga, namun mereka mampu menemukan waktu untuk belajar selama bulan suci Ramadhan,” katanya.

Islam menyebar ke Republik Kongo dari  Utara pada pertengahan abad ke-19. Komunitas di negara itu diperkirakan mencapai 1,3 persen dari keseluruhan jumlah penduduk Republik Kongo. (T/R05/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0