NATO INGIN PERTAHANKAN SEKITAR 12.000 TENTARA DI AFGHANISTAN

Pasukan NATO di Afghanistan
Pasukan di

Brussels, 18 Shafar 1437/1 Desember 2015 (MINA) – NATO berencana mempertahankan sekitar 12.000 tentara di Afghanistan tahun depan, Sekjen NATO Jens Stoltenberg mengatakan Senin, meskipun sebelumnya bermaksud mengurangi jumlah mereka.

NATO awalnya merencanakan hanya akan menempatkan pasukan yang lebih kecil dan dipimpin sipil untk menggantikan tugas misi penasehat dan latihan pendukung.

Tetapi masalah tentang apakah aliansi militer Atlantik Utara itu akan melanjutkan rencananya muncul pada bulan September setelah pejuang Taliban menguasai sebentar Kunduz, kota di Afghanistan utara, demikian laporan Mi’raj Islamic News Agency (MINA) mengutip DPA.

“Kami akan … membuat keputusan akhir, namun apa yang kami maksudkan sekarang adalah memepertahankan tingkat kekuatan yang sama, sekitar 12.000 tentara, juga sampai 2016,” kata Stoltenberg.

“Hampir setengah dari mereka adalah pasukan non-AS, dan sisanya pasukan AS,” katanya, seraya menambahkan pasukan tersebut akan berada di Kabul dan memiliki “kehadiran regional.”

Para Menlu anggota NATO akan membahas peran masa depan aliansi di Afghanistan Selasa, paa awal pertemuan dua hari di Brussels.

NATO saat ini memiliki sekitar 13.000 tentara di Afghanistan. (T/R07/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0