Netanyahu : Tidak Ada Negara Palestina Dalam Rencana Aneksasi

Yerusalem, MINA – Perdana Menteri pada Ahad (7/6) mengatakan, Israel tidak akan menyetujui pembentukan negara sebagai bagian dari rencana aneksasinya.

Menurut TV Channel 13 Israel, Netanyahu mengatakan rencana untuk Tepi Barat akan dilaksanakan dalam beberapa pekan, demikian dikutip dari Anadolu Agency.

“Rencana aneksasi tidak akan mencakup pembentukan negara Palestina, dan pemerintah pasti tidak akan menyetujuinya,” kata Netanyahu.

Dia menambahkan bahwa proses pemetaan untuk aneksasi belum selesai.

Israel rencananya akan mencaplok bagian-bagian Tepi Barat yang diduduki di bawah rencana yang disetujui oleh Netanyahu dan saingannya yang kini menjadi mitra dalam pemerintahan koalisi, Benny Gantz, pemimpin Partai Biru dan Putih.

Rencana itu datang sebagai bagian dari apa yang disebut Presiden AS Donald Trump  “Kesepakatan Abad Ini” yang diumumkan pada 28 Januari lalu. Mencakup Yerusalem sebagai “ibukota Israel yang tidak terbagi” dan mengakui kedaulatan Israel atas sebagian besar Tepi Barat.

Rencana tersebut menyerukan pembentukan negara Palestina dalam bentuk kepulauan yang dihubungkan oleh jembatan dan terowongan.

Para pejabat Palestina mengatakan bahwa di bawah rencana AS, Israel akan mencaplok 30% -40% dari Tepi Barat, termasuk semua Yerusalem Timur. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.