Netanyahu Tuding Lawan Politiknya Menekan Jaksa Agung untuk Mendakwanya

Tel Aviv, MINA – Perdana Menteri Benjamin Netanyahu hari Sabtu (19/1) merilis sebuah video yang menuduh dan sayap kiri telah menekan agung untuk mendakwanya, menjelang pemilihan umum bulan April mendatang.

Sebelumnya Polisi telah merekomendasikan dakwaan terhadap Netanyahu dalam tiga penyelidikan korupsi terpisah dan Jaksa Agung diharapkan untuk mengumumkan keputusannya, apakah akan mendakwa Perdana Menteri dalam beberapa pekan atau bulan ke depan.

“Selama tiga tahun kaum kiri dan media telah mendorong kejaksaan agung untuk mengajukan tuntutan berapa pun harganya,” pesan di awal video pendek yang diposting di Twitter oleh Netanyahu, seperti dilaporkan al Arabiya yang dikutip MINA.

Video itu kemudian menunjukkan cuplikan pengunjuk rasa yang mengacungkan plakat menyerukan Netanyahu dipenjara dalam sebuah demonstrasi di luar rumah Jaksa Agung Avichai Mandelblit.

“Apakah mereka akan berhasil?” kata pesan penutup.

Video itu memicu kecaman dari Netanyahu.

Kementerian Kehakiman bersikeras kepada media Israel bahwa jaksa agung tidak akan terpengaruh dalam keputusannya.

Jajak pendapat menunjukkan Netanyahu kemungkinan akan memenangkan pemilihan pada 9 April mendatang, meskipun ada investigasi yang menggantung padanya, tetapi langkah untuk mendakwanya menunggu sidangdiperkirakan akan  dapat mengguncang kampanye.

Jika Jaksa Agung mengumumkan niatnya untuk mendakwa Perdana Menteri, Netanyahu mendapat kesempatan terakhir untuk membela diri dalam persidangan sebelum tuntutan diajukan.

Netanyahu mengatakan tidak memiliki niat untuk mengundurkan diri jika dipanggil untuk sidang sebelum pemungutan suara dalam pemilihan umum. (T/B05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.