NIGERIA SELAMATKAN HAMPIR 300 PEREMPUAN DARI BOKO HARAM

Ratusan gadis Nigeria yang diculik kelompok Boko Haram. (Foto: dok. Face2faceafrica.com)
Ratusan gadis Nigeria yang diculik kelompok Boko Haram. (Foto: dok. Face2faceafrica.com)

Abuja, Nigeria, 10 Rajab 1436/29 April 2015 (MINA) – Pasukan Nigeria menyelamatkan hampir 300 anak perempuan dan perempuan dewasa dalam serangan terhadap kelompok bersenjata Boko Haram di daerah timur laut Hutan Sambisa, militer mengatakan.

Yvonne Ndege wartawan Al-Jazeera melaporkan dari Abuja, Rabu (29/4), yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), militer Nigeria berencana merilis foto dan informasi lebih lanjut tentang perempuan dan anak perempuan yang diselamatkan.

“Ada proses penyaringan untuk mencari tahu dari mana mereka berasal. Kami berhasil berbicara dengan juru bicara militer Nigeria yang meyakini beberapa wanita adalah istri pejuang Boko Haram,” kata wartawan Al-Jazeera.

Militer mengumumkan penyelamatan itu di Twitter pada Selasa dan telah mewawancarai para gadis dan perempuan yang diculik.

Pada April 2014, hampir 300 siswi diculik dari kota timur laut Chibok oleh kelompok bersenjata Boko Haram. Puluhan gadis berhasil lolos, tapi 219 tetap hilang.

Namun, kantor berita Associated Press (AP), mengutip seorang juru bicara militer, Kolonel Sani Usman, mengatakan, 293 perempuan yang dibebaskan oleh militer “bukan gadis-gadis Chibok”.

Awal bulan ini, kelompok hak asasi Amnesty International menerbitkan sebuah laporan yang mengatakan, kelompok bersenjata telah menculik sedikitnya 2.000 perempuan dan anak perempuan sejak awal 2014.

Boko Haram dituding telah menggunakan anak perempuan dan perempuan Nigeria sebagai pelaku bom bunuh diri dengan mengirim mereka ke tempat-tempat ramai dan lainnya. (T/P001/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0