NOOR MOHAMMED, JAMAAH HAJI USIA 105 TAHUN

105 tahun
Noor Mohamed usia 105 tahun (Foto: Saudi Gazette)

Makkah, 11 Dzulhijjah 1436/25 September 2015 (MINA) –  Noor Mohammed, seorang jamaah haji asal berusia 105 tahun, akhirnya dapat mewujudkan cita-citanya pergi haji setelah menabung 15 tahun lamanya.

Noor Mohammed, seperti dilaporkan Saudi Gazette, Kamis (24/9), beberapa kali gagal berangkat karena tabungannya tidak pernah cukup untuk perjalanan haji ke tanah suci Mekkah.

“Saya sudah gagal berangkat haji berkali-kali. Tapi saya terus berjuang, saya terus menabung,” katanya. Dia mengatakan dia telah menabung selama 15 tahun.

“Biaya haji yang meningkat dari tahun ke tahun, menyebabkan saya belum juga berangkat. Setiap kali saya mencoba untuk mengumpulkan cukup uang, saya gagal lagi karena masih belum mencukupi. Belum lagi memang kondisi keuangan yang sedang sulit dari keluarga saya,” ujarnya.

Mohammed mengatakan, dia hanya mampu menyimpan uang haji di usia setua ini.

“Ketika saya melampaui usia lebih dari 100 tahun, akhirnya saya dapat mencapai impian saya seumur hidup,” katanya.

Dia mengatakan, ketika ia tiba di Arab Saudi untuk pertama kalinya, ia menemukan bahwa haji itu tidak sesulit yang ia pikirkan sebelumnya.

Dia mengatakan teman-teman sebayanya, semuanya telah meninggal.

Mohammed mengatakan, perjalanan hajinya ternyata menjadi sangat mudah terutama, berkat fasilitas dan layanan terintegrasi yang disediakan oleh instansi terkait Saudi.

“Saat mersakan kemudahan untuk bergerak di antara tempat-tempat suci. Hal ini berlawanan dengan gambaran saya selama bertahun-tahun sebelum haji,” ungkapnya.

Mohammed, menggunakan tongkat untuk membantunya berjalan. Ia pun menangis sepanjang waktu.

“Ini adalah air mata kebahagiaan,” jelasnya. (T/P4/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0