Norwegia Didesak Selidiki Misteri Kematian Gadis Palestina

Jenewa, MINA – -Mediterania Observatory untuk Hak Asasi Manusia pada hari Sabtu (31/8) meminta Pemerintah untuk segera menyelidiki kematian misterius gadis , Barghouthi (17 tahun) pada Rabu lalu, ketika ditahan di markas besar pemerintah untuk “Perlindungan Anak”.

Euro-Mediterania Observatory yang berbasis di Jenewa seperti dikutip Safa mengatakan dalam sebuah pernyataan, Badan Perlindungan Anak Norwegia memindahkan kamar bayi Shatha dengan saudara-saudaranya dari orangtuanya sekitar tujuh tahun yang lalu dengan alasan pengabaian orangtua, meskipun upaya berulang kali oleh orangtua untuk membuktikan sebaliknya dan menunjukkan penyesalan yang besar atas alasan keputusan seperti itu.

Observatory menunjukkan bahwa Otoritas Perlindungan Anak Norwegia menghadapi kritik luas di tingkat lokal dan internasional karena beberapa alasan. Termasuk pemindahan hak asuh anak dengan sangat mudah karena prosedur yang buruk dan reputasinya yang buruk berkaitan dengan perawatan beberapa anak selama mereka tinggal di panti asuhan.

Menurut orangtua Shatha, gadis itu mengajukan petisi ke Badan Perlindungan Anak Norwegia untuk menyatukannya kembali dengan orangtuanya ketika dia hampir memasuki usia yang secara hukum akan memenuhi syarat untuk bertanggung jawab atas dirinya.

Namun, dua pekan sebelum hari ulang tahunnya, dia ditemukan tewas dan kematiannya dijelaskan sebagai bunuh diri.

Keluarga Shatha menolak penjelasan itu dan menuntut penyelidikan yang independen dan transparan tentang keadaan yang menyebabkan kematian putri tertua mereka.

Keluarga itu khawatir akan nasib saudara lelaki Shatha (Mohammed dan Ahmed) dan menuntut pemerintah Norwegia untuk segera menyatukan mereka kembali untuk memberi mereka keselamatan yang diperlukan, yang gagal diberikan Komisi kepada kakak perempuan mereka.

Euro-Mediterania Observatory meminta pemerintah Norwegia untuk segera turun tangan dan melakukan penyelidikan serius terhadap keadaan yang menyebabkan kematian Shatha untuk meminta pertanggungjawaban siapa saja yang mungkin terlibat.

Dia juga menuntut tindakan segera untuk menyatukan kembali saudara laki-laki Shatha dengan orang tua mereka, yang sangat prihatin dengan nasib anak-anak mereka, serta ketakutan dan trauma yang mereka derita sejak hak asuh anak-anak itu dipindahkan.

Euro-Mediterania Observatory menekankan, bahwa orang tua harus diberi kesempatan untuk membuktikan bahwa mereka layak mendapatkan hak perwalian pada anak-anak mereka, paling tidak yang dapat dilakukan pemerintah Norwegia untuk mengkompensasi kelalaian yang menyebabkan kematian Shatha.

Observatorium Hak Asasi Manusia Internasional mendesak pemerintah Norwegia untuk meninjau secara menyeluruh mekanisme dan prosedur yang mengatur perilaku Badan Perlindungan Anak Norwegia, dan untuk mengambil tindakan disiplin segera terhadap Badan Perlindungan Anak Norwegia.

Hal iti untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan anak-anak dalam tahanan dan peristiwa mengerikan kematian Shatha tidak terulang. (T/B05/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.