Norwegia: Permukiman Israel di Palestina Tidak Sah

Kairo, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Norwegia Ine Eriksen Soreide mengungkapkan bahwa permukiman Yahudi yang dibangun Israel di wilayah Palestina “tidak sah”. Hal itu disampaikan saat bertemu dengan Menlu Mesir Sameh Shoukry di Kairo.

Kementerian Luar Negeri Mesir mengungkapkan itu melalui pernyataan tertulis bahwa Menlu Soreide bertukar pikiran dengan Menlu Sameh Shoukry tentang pengembangan hubungan bilateral, masalah Palestina, seperti dilaporkan Anadolu Agency, Rabu (13/3).

Pertemuan itu juga membicarakan isu-isu penting regional dan internasional, terutama krisis Suriah dan Libya. Mereka juga membahas terorisme, masalah paling penting di Timur Tengah dan Afrika.

Berbicara pada konferensi pers bersama setelah melakukan pertemuan itu, Ine Eriksen Soreide mengatakan, bahwa negaranya berusaha mendukung hak-hak rakyat Palestina melalui Badan Bantuan dan Pekerja PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

Menyinggung pembangunan permukiman ilegal di tanah Palestina oleh Israel, Soreide berkata, “Pemukiman Israel di wilayah Palestina tidak sah.”

Soreide juga menyampaikan keinginan negaranya untuk memperkuat kerja sama dengan Mesir yang telah mengambil alih kepemimpinan secara bergilir Uni Afrika bulan lalu. (T/B05/RS2)

Miraj News Agency (MINA)