Obama Kritik “Politik Kejam” Kandidat Partai Republik

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama (Foto: dok. Telegraph)
Presiden Amerika Serikat (AS) (Foto: Nicholas Kamm/AFP)

Washington, 16 Rabi’ul Akhir 1437/26 Januari 2016 (MINA) – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengkritik politik Amerika yang berubah “kejam” oleh retorika kandidat calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump dan Ted Cruz.

Sejauh ini Obama berusaha tidak terlibat dalam kontes debat para kandidat, tapi dalam sebuah wawancara ia menyerang gagasan yang diusung Donald Trump, yaitu melarang Muslim masuk AS, demikian Telegraph memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Anda berfikir tentang hal ketika saya bersaing (tahun 2008) melawan John McCain. John McCain dan saya memiliki sebuah perbedaan yang tajam, namun John McCain tidak melarang Muslim untuk masuk AS,” katanya pada majalah Politico.

Obama menambahkan, John McCain adalah orang yang konservatif namun dia baik dalam pemerintahan, di Partai Republik dan dalam dialog politik.

Mantan Menteri Pertahanan AS Robert Gates juga mengkritik isi debat antara kandidat Calon Presiden dari Partai Republik.

“Saya pikir anak-anak sekolah menengah akan malu oleh dialog yang terjadi dalam kampanye nasional. Mereka selalu membuat pernyataan yang luas, tapi mereka tidak tahu apa yang sedang mereka bicarakan. Hal yang mengkhawatirkan adalah anak-anak benar-benar percaya apa yang dikatakan oleh para kandidat ketika berada dalam situasi sulit,” ujar Gates. (T/mar/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.